Sukses

Penyempitan Usus Pada Bayi

15 Mar 2016, 10:03 WIB
Pria, 35 tahun.

selamat siang dokter. senang sekali bisa konsultasi online. istri saya baru melahirkan bayi dengan cara caesar. alhamdulillah lahir anak perempuan yg sehat. sayangny 28jam setelah lahir bayi kami muntah, dari mulutnya keluar cairan berwarna coklat kemerahan. dari hasil diagnosa dokter bayi kami dinyatakan mengalami penyempitan usus. untuk memastikan bayi kami rujuk ke rumah sakit lain. menurut dokter bayi kami akan diterapi selama 4 hari. setelah itu diperbolehkan pulang, akan tetapi balik lagi setelah 1minggu diterapi. yang ingin saya tanyakan apakah untuk mengetahui penyakit bayi kami, kami harus menunggu lebih dari 1 minggu. terimakasih dokter atas jawabanny.

dr. Mega Putri

Dijawab Oleh:

dr. Mega Putri

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami turut prihatin atas kejadian yang menimpa Anda dan istri. Sebelumnya kami ingin mengajukan beberapa pertanyaan, penyempitan usus dimana yang Anda maksud? Penyempitan usus yang terjadi dari lahir dapat berupa penyempitan rektum yang ditandai dengan tidak dapat BAB atau tidak adanya lubang anus. Selain itu juga dapat terjadi penyempitan esofagus (saluran makanan di leher) sehingga bayi tidak dapat menyusui atau bahkan muntah terus, atau bisa juga karena bagian usus saling masuk ke saluran usus yang dalam dunia medis disebut invaginasi.

Penyebab masing-masing penyakit diatas berbeda-beda. Namun umumnya karena kelainannya timbul dari lahir, bisa disebabkan karena terjadi kegagalan dalam masa pembentukan organ (trimester pertama). Hal ini bisa disebabkan karena infeksi saat kehamilan, kurangnya atau gangguan nutrisi saat hamil, terkena radiasi saat hamil, dan lainnya. Namun sebagian besar penyebabnya tidak diketahui. Untuk itu penting dilakukan pemeriksaan rutin saat kehamilan dan menjaga nutrisi ibu hamil.

Saran kami, sebaiknya Anda dan istri tetap mengkonsultasikan keadaan bayi Anda ke dokter spesialis anak yang sedang menanganinya dan mengikuti anjurannya demi kesehatan buah hati Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar