Sukses

Produksi ASI dan bentuk puting susu
10 Mar 2016, 11:45 WIB
Wanita, 40 tahun.

Dctr,aku Anak Pertm tdk Da Asi Sdktpun Tak Da,apakah Da Kaitan Dgn Puting Susu?krn Puting Susu Aku Datar Py,mgkinkah Ke 2 Bs Dpt Asi?gmn Cra Nya?tlg Info,tq.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah melakukan konsultasi di Klikdokter.com

Secara umum bentuk puting susu tidak berkaitan dengan produksi ASI. Berikut faktor yang memperngaruhi jumlah ASI:

  • Produksi ASI juga sangat dipengaruhi kondisi psikis si ibu. Bila hati ibu tenang, bahagia, maka produksi ASI akan berlimpah. Kemungkinan hanya 1 dari 1000 wanita yang benar-benar tidak dapat menyusui. Kurangnya istirahat merupakan penyebab tersering produksi ASI berkurang. Stres piskologis juga mempengaruhi kuantitas ASI
  • Konsumsi kafein dalam jumlah besar dapat membuat tubuh dehidrasi. Hal ini dapat menyebabkan berkurangnya produksi ASI. Terlalu banyak kafein juga mempengaruhi bayi karena beberapa kafein dapat dikeluarkan lewat ASI sehingga menyebabkan bayi mengalami gangguan tidur dan rewel. Merokok dapat menggangu pelepasan hormon oksitosin yang berfungsi untuk menstimulasi keluarnya ASI dari payudara ibu. Alkohol dapat mengganggu proses keluarnya ASI dari payudara, selain itu dapat pula merubah rasa ASI, dan yang terburuk adalah dapat mengganggu perkembangan bayi.
  • Beberapa jenis obat-obatan seperti golongan antihistamin, dekongestan (pelega nafas) dan diuretik dapat mempengaruhi jumlah produksi ASI. Begitu juga dengan pil KB
  • Diet atau faktor nutrisi. Ibu  menyusui harus mengkonsumsi berbagai makanan yang bergizi dan cukup minum.

Bagaimana dengan Anda? Apakah ada dari salah satu faktor yang merupakan hal yang melatarbelakangi kondisi Anda? Untuk melancarkan produksi ASI anda kami menganjurkan agar Anda menghindari stres, rokok, penggunaan kafein, dan obat tanpa rekomendasi dokter. Selain itu jaga asupan makanan dengan nutrisi bergizi selama masa kehamilan dan menyusui.

Demikian informasi ini kami berikan. Semoga bermanfaat

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar