Sukses

Sulit Hamil Karena Kelelahan
08 Mar 2016, 15:23 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok saya mau tanya. Saya menikah baru 2bln yg lalu. Saya dan suami memang tidak terlalu berhubungan intim dikarenakan suami yg kadang kondisi fisiknya sudah terlalu setelah bekerja. Minggu kemarin harusnya saya sudah haid, tapi hingga saat ini belum ada tanda2 haid. Waktu saya test peck beberapa hari yg lalu juga hasilnya negatif. Suami saya sdh ingin sekali saya hamil. Apakah faktor belum bisa hamil itu juga karena dipengaruhi dari tingkat stres dan lelah ?? mengingat saya saat ini berada di rumah mertua. Bpk mertua juga sedang sakit, jadi membuat saya jg kurang istirahat.

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Keterlambatan haid seperti yang Anda alami dapat disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah kehamilan. Pada awal kehamilan, sering kali testpack menunjukkan hasil yang negatif. Hasil negatif ini bisa jadi karena kurangnya kepekaan alat, kadar hormon kehamilan yang masih rendah, ataupun cara pengambilan sampel urin yang kurang tepat. Anda dapat menggunakan urin pertama saat bangun pagi untuk pemeriksaan test pack. Urin pertama di pagi hari mengandung kadar hormon yang paling tinggi dibangkan bila diambil pada waktu lainnya. Bila sudah melakukan metoda yang benar namun hasil testpacknya masih negatif, Anda dapat mengulang pemeriksaan 1-2 minggu berikutnya atau memeriksakan diri langsung ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan USG.

Selain kehamilan, terlambatnya haid juga bisa disebabkan beberapa kondisi, yaitu :

  • Stress dan depresi

  • Nutrisi yang kurang, penurunan berat badan berlebihan, olahraga berlebihan, obesitas

  • Gangguan hipotalamus dan hipofisis sehingga terjadi ketidak seimbangan hormon dalam tubuh

  • Gangguan indung telur

  • Penggunaan obat-obatan, seperti obat antidepresi, kortikosteroid, kontrasepsi oral, dll

  • Penyakit kronik dan Sindrom Asherman

  • dll

Stess dan lelah seperti yang Anda sampaikan memang akan berpengaruh pada vitalitas dan kualitas hubungan Anda dan suami. Walaupun tidak berhubungan langsung, vitalitas ini akan mempengaruhi kesuburan Anda maupun kualitas sperma suami. Saran kami, coba lakukan rekreasi atau berlibur berdua bersama suami. Bila memungkinkan, lakukan rekreasi tersebut berdasarkan perhitungan masa subur Anda. Dengan berlibur bersama, Anda dan suami menjadi rileks dan dapat menikmati waktu bersama  berdua saja. 

Berikut adalah artikel kami terkait perhitungan masa subur : Cara Menentukan Masa Subur Wanita

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga si Kecil segera hadir menambah kebahagiaan Anda dan suami ya.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar