Sukses

Perlukah Saya Tes Tekanan Bola Mata

09 Mar 2016, 10:28 WIB
Pria, 17 tahun.

dok umur saya 17 tahun, saya saat ini mengalami sakit dimata saya dan mata saya merah berhari-hari serta sedikit denyutan disekitar mata saya terutama diantara dua mata didekat bawah dahi tepatnya dihidung, dan kalau melihat disumber cahaya tertentu suka melihat lingkaran pelangi, dan rasanya sedikit mual, ini karena saya pakai obat tetes mata yang sudah kedaluwarsa yang saya cek didalamnya seperti ada butir butir gula yang menggumpal, tapii.. Sakitnya sudah pernah saya rasakan dulu, tapi waktu itu cuma saya kasih obat tetes mata yang sama seperti diatas , dan rasa sakit dan mualnya hilang. Tapi belakangan ini saya kasih obat tetes yang sama(baru) dan belum kedaluwarsa tetap tidak sembuh. Mata saya sakit apa dok apa saya harus tes tekanan bola mata saya? Maaf kalo pertanyaannya alur mundur. Terimakasih

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Berdasarkan informasi yang anda sampaikan diatas, nampaknya anda harus melakukan serangkaian tes pada mata anda (salah satunya dengan tes tekanan bola mata). Sebaiknya anda pergi ke dokter spesialis mata, agar dapat segera diketahui penyebab penyakitnya. 

Glaukoma adalah salah satu penyakit mata yang diakibatkan karena kenaikan tekanan bola mata dan menimbulkan kerusakan saraf penglihatan. Serabut saraf ini berfungsi membawa informasi dari lapisan retina yang sensitif terhadap sinar, menuju otak agar dapat diterima sebagai gambar yang dapat kita lihat.

Mata anda membutuhkan sejumlah tekanan tertentu agar dapat berfungsi baik. Pada beberapa orang, tekanan bola mata ini dapat meninggi sehingga akan menyebabkan kerusakan saraf optik. Dapat pula terjadi bahwa tekanan bola mata masih normal akan tetapi tetap terjadi kerusakan syaraf optik yang disebakan karena saraf optiknya sendiri yang sudah lemah.

Glaukoma terdiri atas glaukoma primer (sudut tertutup, sudut terbuka), dan glaukoma sekunder yang terjadi karena penyakit lain. Penyakit lain tersebut harus ditangani apabila glaukoma yang terjadi adalah glaukoma sekunder.

Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda :

  1. Apakah mata Glaukoma dengan saraf mata yang rusak dapat disembuhkan?

Pada Glaukoma, kerusakan yang sudah terjadi tidak dapat diperbaiki lagi. Tidak akan ada jaminan bahwa penglihatan akan pulih kembali, karena yang terkena adalah bagian saraf, sedangkan saraf kalau sudah mati tidak akan diganti (tumbuh lagi). Disini sifatnya hanya mempertahankan saraf yang masih hidup agar tidak cepat mati akibat tekanan dalam bolamata yang terlalu tinggi

  1. Apakah mata yang menderita Glaukoma dapat mempengaruhi mata sebelahnya?

Glaukoma adalah penyakit yang diturunkan. Tentu saja pemeriksaan harus dilakukan di kedua mata. Apabila hanya 1 mata saja yang terkena glaukoma, bukan berarti mata yang lain tidak perlu diperiksa. Tidak akan ada efek samping dari glaukoma pada mata yang lainnya, namun tidak menutup kemungkinan mata satunya dapat terkena glaukoma juga.

  1. Pertama - tama saya menggunakan tetes mata Cendo Carpine (4 x 1 tetes /hari) dan Timol (2 x 1 tetes / hari), sekarang diganti dengan Travatan (1x1 tetes / hari) dan Timol (2 x 1 tetes / hari). Apakah dengan penggunaan tetes mata secara kontiniu akan ada efek sampingnya? dan kenapa pada saat menggunakan Travatan di mata yang sudah rusak, mata menjadi perih?

Tujuan penanganan adalah untuk menurunkan tekanan bola mata dan mencegah kerusakan saraf penglihatan. Penanganan tergantung jenis Glaukoma, mungkin dengan obat tetes, operasi, atau laser. Obat tetes yang digunakan secara teratur membantu menurunkan tekanan pada bola mata. Tidak akan ada masalah bila obat tetes tersebut dipakai dalam jangka waktu lama. Travatan merupakan salah satu preparat antiglaukoma yang berfungsi menurunkan tekanan bola mata. Efek samping dari pemakaian preparat ini adalah nyeri pada mata, sensasi benda asing di mata, hiperemis, dll. Kemungkinan Anda mengalami salah satu dari efek samping obat tersebut.

  1. Bisakah Glaukoma disembuhkan dengan cara Operasi?

Tergantung jenis glaukoma yang Anda miliki. Apabila pengobatan konvensional  tidak berhasil maka dapat beralih ke pengobatan dengan sinar laser atau operasi (pembuatan saluran pembuangan cairan mata atau mematikan produsen cairan mata). Tidakan operasi antara lain irideksotmi perifer, iridotomi, operasi filtrasi, trabekulektomi, dan trabekuloplasti .

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar