Sukses

Kedua Mata Tidak Simetris

07 Mar 2016, 19:20 WIB
Pria, 22 tahun.

mata saya tidak simetris, terlihat mata kiri lebih layu dri pada mata kanan, saat saya ingin menutup mata kiri dan membuka mata kanan mata saya bisa membuka mata kanan saya, tetapi saat saya ingin menutup mata kanan dan membuka mata kiri saya tidak bisa melakukanya(mengontrol) apa yang harus saya lakukan untuk dapat mengembalikan fungsi mata kiri saya seperti mata kanan dokter?

dr. Mega Putri

Dijawab Oleh:

dr. Mega Putri

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Ptosis atau bahasa awamnya kelopak mata lunglai atau penurunan kelopak mata bagian atas. Ptosis dapat didapatkan sejak lahir (kongenital) maupun didapatkan kemudian akibat penuaan maupun kondisi medis tertentu. Ptosis kongenital biasanya disebabkan oleh tidak sempurnya perkembangan otot levator palpebra (otot yang mengangkat kelopak mata). Ptosis yang didapat dapat disebabkan oleh penyakit seperti myastenia gravis, sindroma horner, xanthelasma, gangguan pada saraf yang mempersyarafi otot mata, maupun trauma pada mata.Ptosis dapat menyebabkan ambliopia (mata malas) dan strabismus.

Ptosis dapat diperbaiki dengan melatih otot mata yang terkena. Cara melatihnya adalah dengan memaksa melihat menggunakan mata tersebut selama beberapa menit tiap jamnya untuk secara bertahap membangun toleransi otot.

Bila latihan tidak berhasil, kondisi ptosis tersebut dapat diatasi dengan operasi yang disebut blapheroplasty. Operasi tersebut bertujuan mengencangkan" otot levator mata yang berperan dalam membuka kelopak mata sehingga dapat mengembalikan kelopak mata ke posisi semula. 

Lutein merupakan karotenoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Pada mata lutein dapat berfungsi untuk membuat penglihatan lebih jelas, mengurangi risiko katarak, dan kerusakan makula (kumpulan saraf mata) akibat usia. Belum ada informasi yang menunjukan kegunaan lutein untuk ptosis. Bila ptosis disebabkan oleh gangguan pada otot kelopak mata makan konsumsi lutein tidak akan memberikan pengaruh, karena pada dasarnya lutein lebih bermanfaat untuk menjaga kejernihan lensa dan membantu mempertahankan penglihatan (visus) agar tetap baik.

Kami sarankan Anda membawa anak Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis mata agar dapat diberikan penanganan yang sesuai dengan penyebab ptosis yang dialami anak Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar