Sukses

Mata kering karena sering melihat layar

08 Mar 2016, 11:14 WIB
Wanita, 21 tahun.

Mata saya minus dan silindernya cukup tinggi, sudah menggunakan kaca mata sejak kecil, dan sekarang keseharian saya tidak pernah lepas dari depan layar komputer dan layar gadget. Bagaimana cara merawat mata saya? Haruskah saya minum suplemen vitamin A, atau mungkinkah ada obat tetes mata yg aman utk sering digunakan untuk mencegah mata agar tidak kering? Terima kasih.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kondisi mata kering salah satunya dapat disebabkan oleh terlalu lama melihat layar komputer/tv/gadget karena secara tidak sadar saat melihat layar kita cenderung lupa mengedipkan mata sehingga menyebabkan mata kering. Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A banyak terdapat pada sumber makanan sehari-hari seperti hati, minyak hati ikan, produk susu, kuning telur, magarin, sayuran hijau, buah dan sayuran kuning, dll. Sebenarnya jika anda rasa pola diet anda sudah cukup baik dan tidak ada tanda-tanda kekurangan vitamin A seperti rabun senja dan gangguan pada kulit maka anda tidak perlu mengkonsumsi suplemen vitamin A karena kelebihan vitamin A juga dapat menimbulkan gangguan pada tubuh. Namun jika pola diet anda kurang mengandung vitamin A atau anda mengalami keluhan pada mata maka anda boleh mengkonsumsi vitamin A dengan dosis yang sesuai kebutuhan tubuh. Obat tetes mata netral (air mata tambahan) dapat digunakan jika anda merasa mata anda sering merah dan ada rasa tidak nyaman terutama karena anda sering melihat layar agar dapat menjaga kelembaban mata anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,RF

    0 Komentar

    Belum ada komentar