Sukses

Perdarahan di lutut

08 Mar 2016, 12:45 WIB
Pria, 16 tahun.

apa solusi untuk penyembuhan dari pendarahan di lutut yang terkena ACL

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Perdarahan dilutut dapat berupa perdarahan luar dan perdarahan dalam. Perdarahan luar artinya keluarnya darah dari kulit akibat adanya luka, sedangkan perdarahan dalam berupa memar pada bagian lutut. Jika anda mengalami perdarahan luar, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menghentikan perdarahan dengan menekan luka dengan kassa steril atau membalut luka dengan ikatan tepat di atas bagian luka. Setelah luka berhenti berdarah anda perlu mencoba membersihkan luka dari kotoran dengan air mengalair atau cengan cairan salin jika ada. Setelah membersihkan luka anda dapat memberikan zat antiseptik pada luka untuk mencegah teerjadinya infeksi. Jika luka berukuran besar, luka robek, atau luka yang dalam sebaiknya anda berobat ke dokter untuk penanganan dan perawat luka yang lebih baik. 

Jika luka yang anda alami berupa luka dalam/memar, maka anda dapat membantu meringankan gejala dengan kompres dingin agar proses pembengkakan dan perdangan pada lutut berkurang dan penyerapan bekuan darah dapat terjadi lebih cepat.Jika anda mengalmi cedera pada lutut dan terasa sulit mengkoordinasi gerakan lutut anda, ada kemungkinan anda mengalami cedera pada ligamen lutut. Pada kasus seperti ini segera berkonsultasi dengan dokter spesialis ortopedi agar penanganan dapat dilakukan dengan tepat. 

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,RF

    0 Komentar

    Belum ada komentar