Sukses

Bergadang dan siklus menstruasi

08 Mar 2016, 00:39 WIB
Wanita, 21 tahun.

apakah sering begadang dapat mengganggu silkus menstruasi? soalnya 1bulan terakhir ini siklus menstruasi saya tidak teratur, dalam 1 bulan bisa 2 kali menstruasi dengan volumenya yang tidak banyak seperti saat normal. menstruasinya seperti fllek yang banyak dengan darah. apakah itu berbahaya?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Siklus menstruasi dipengaruhi oleh berbagai hal seperti keadaan kadar hormonal, aktivitas fisik, stress, diet, dll. Secara normal tubuh memerlukan waktu istirahat 6-7 jam sehari. Jika anda sering bergadang maka kebutuhan istirahat tubuh terganggu dan siklus bangun-tidur anda juga dapat terganggu. Hal ini tanpa anda sadari membuat tubuh anda lelah karena anda melakukan aktivitas fisik tanpa dibarengi istirahat yang cukup. Dampaknya, siklus menstruasi anda bisa saja tertanggu karena telah dijelaskan sebelumnya bahwa aktivitas fisik berlebih dan stress dapat memicu siklus menstuasi yang tidak teratur. Langkah yang dapat anda lakukan adalah coblah memperbaiki kembali kebiasaan tidur anda. Istirahat yang cukup, olahraga teratur, dan makan makanan dengan gizi seimbang. Jika setelah melakukan hal tersebut siklus menstruasi anda masih belum teratur, maka cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mencari kemungkinan penyabab lainnya. 

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar