Sukses

Kontrasepsi darurat dan tanda-tanda kehamilan

07 Mar 2016, 23:26 WIB
Wanita, 19 tahun.

Siang, dok. Saya memiliki pertanyaan mengenai kontrasepsi darurat dan efek sampingnya. Tanggal 25 dan 26 Februari lalu saya berhubungan seks dengan pasangan saya. Total penetrasi dua kali. Dan setiap selesai penetrasi, saya meminum pil kontrasepsi darurat merk Nogestat masing-masing dua butir sekali minum (total saya sudah minum empat butir). Dan mulai dari H+1 setelah saya minum Nogestat sampai hari ini (6 Maret), saya merasakan: 1. nyeri pada abdomen bawah (terutama pada posisi rahim), 2. nyeri payudara dan puting payudara membesar, 3. breakout jerawat, 4. peningkatan berat badan dan libido 5. Nyeri punggung, terutama punggung bawah, 6. Vagina kering (sekret vagina jarang keluar, dan sekalinya keluar sekret tersebut cenderung cair, sedikit butek, dan lengket ketika mengering) 7. Moodswing Saya baca di beberapa artikel, ada yang bilang itu tanda kehamilan, tapi hasil testpack saya negatif. Apakah karena perubahan hormon, dok? Terima kasih sebelumnya.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Perlu anda ketahui bahwa kontrasepsi darurat tidak 100% efektif. Masih ada kemungkinan gagal. Gejala yang anda alami seperti nyeri pada perut bagian bawah, nyeri payudara, jerawat, peningkatan berat badan dan libido, vagina kering, dan mood swing secara umum dapat disebabkan oleh perubahan kadar hormonal dalam tubuh. Perubahan kadar hormonal tersebut bisa saja terjadi karena anda telah mengkonsumsi pil KB dalam dosis tinggi, atau bisa saja karena kehamilan. Untuk pemeriksaan test pack sebaiknya anda lakukan paling cepat 2 minggu setelah berhubungan karena jika dilakukan sebelum itu bisa saja kadar hormon beta HCG masih rendah dan belum terdeteksi oleh alat test pack. Untuk memastikanya sebaiknya anda mengulang test pack anda setelah terlambat haid. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mengetahui secara pasti kemungkinan yang dapat terjadi. 

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,RF

    0 Komentar

    Belum ada komentar