Sukses

Jamur pada Kaki

07 Mar 2016, 22:46 WIB
Wanita, 41 tahun.

anak saya terkena jamur di kaki, setelah berobat sempat hilang tetapi muncul kembali dan malah sampe nanah. diberikan obat spt apalagi ya? apakah utk sementara wkt sambil menunggu ke dokter, boleh diberikan rivanol?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Jamur pada kaki bukanlah suatu hal yang mudah untuk diatasi. Cukup sering jamur pada kaki yang muncul kembali setelah sembuh. Hal ini sangat tergantung pada ketuntasan pengobatan sebelumnya serta kebersihan kaki. Kita kehatahui terkadang anak-anak tidak terlalu memperhatikan kebersihan kakinya, terutama pada musim hujan seperti ini, banyak kaki anak yang terkena air tergenang atau banjir sehingga menyebabkan kakinya lembab. Keaadan kotor dan lembab dapat memicu tumbunya jamur. Infeksi jamur pada tubuh dapat menyebabkan rasa gatal, Jika anak mengaruk area gatal tersebut maka ada risiko luka pada daerah tersebut sehingga lama-kelamaan timbul infeksi bakteri dan menyebabkan munculnya nanah. Apalagi jika anak menggaruk daerah tesebut dengan tangan kotor. Pengobatannya harus disesuaikan dengan jenis infeksi jamur apa yang terjadi pada kaki anak ibu karena ada beberapa jenis infeksi jamur yang dapat terjadi pada kaki dan jenis pengobatan yang berbeda antara satu jenis jamur dengan jamur lainnya. Sebaiknya ibu segera membawa anak ibu ke dokter untuk berkonsultasi, berutahukan bahwa anak ibu sudah pernah mendapatkan pengobatan sebelumnya sehingga dokter dapat menyesuaikan jenis obat apa yang akan dipilih. Untuk sementara waktu kompres rivanol boleh diberikan untuk mencehah keberlanjutan infeksi pada kaki anak ibu, namun ingat untuk segera berobat ke dokter. 

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,RF

    0 Komentar

    Belum ada komentar