Sukses

Infus Water Diet Ibu Hamil, Amankah?

06 Mar 2016, 17:56 WIB
Pria, 28 tahun.

dok mau tanya kehamilan istri saya masuk 18 minggu..kemarin cek kolesterol ternyata tinggi 257 dia mau diet pke infus water melon..boleh tidak ya dok? apakah ada pengaruh ke janin tidak ya dok? terimakasih

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Wanita hamil harus mengonsumsi makanan bergizi lengkap (karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral) dengan banyak variasi. Kurangnya asupan zat gizi saat hamil dapat mengganggu proses tumbuh kembang janin dalam kandungan. Setiap wanita hamil membutuhkan tambahan kalori sekitar 300 kalori/hari. Kalori tersebut digunakan untuk metabolisme tubuh ibu dan pertumbuhan serta perkembangan janin. 

Bagaimana dengan berat badan istri Anda sebelum hamil? Dianjurkan agar kenaikan berat badan selama kehamilan berkisar antara 12,5 kg - 17,5 kg. Pertahankanlah agar selama trimester I, kenaikan berat badan yang terjadi hanya sekitar 1 kg, selama trimester kedua sekitar 3 kg (0,3kg/minggu), dan selama trimester ketiga kenaikan berat badan yang terjadi sekitar 6 kg (0,3-0,5 kg/minggu).

Namun istri Anda tidak perlu terlalu terpaku terhadap hal tersebut dalam mengatur berat badan selama hamil. Yang terpenting adalah menjalani beberapa prinsip makan yang baik selama kehamilan seperti:  

  • Makanlah dengan lebih teratur. Tepat waktu. Makanlah dengan asupan nutrisi yang tepat.
  • Hindari makanan yang dapat membahayakan keselamatan ibu dan janin
  • Jangan diet selama masa kehamilan. Orientasi orang pada istilah diet adalah mengurangi porsi makan. Diet yang dimaksud disini adalah merubah asupan nutrisi dari porsi yang sudah ada, menjadi lebih berkualitas. Bukan mengurangi jumlah porsi makanan.
  • Makanlah dengan porsi pas. Tidak berlebihan, dan tidak kekurangan. Makan dengan jumlah porsi kecil namun dengan dalam intensitas sering merupakan cara yang lebih baik.
  • Konsumsi vitamin untuk ibu hamil secara teratur.
  • Minum air yang cukup.
  • Perhatikan keseimbangan gizi mengonsumsi makanan yang berserat, buah-buahan dan sayuran.

Jika istri anda mengalami kolesterol tinggi dan ingin mencoba diet infus water, baiknya dikonsultasikan ke dokter kandungan terlebih dahulu.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar