Sukses

Pengganti Susu Anak Usia 25 Bulan

06 Mar 2016, 17:23 WIB
Pria, 33 tahun.

dok anak saya usia 25 bulan, sekarang sudah dilepas minum asinya karenaisteri saya hamil lagi 5 bulan, tapi anak saya tidak mau diganti dengan susu formula, apa ada makanan/minuman untuk gantikan susu? atau ada trik lain supaya mau minum susu

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Saat ini usia anak anda berusia 25 bulan, yang artinya susu hanyalah sebagai nutrisi pelengkap saja. Jika anak anda tidak suka susu formula, tidak apa-apa, anda dapat mencoba memberikan susu UHT dengan varian rasa yang anak anda dapat sukai. Namun, jika anda tidak juga menyukai susu, jangan khawatir karena banyak sumber nutrisi lainnya untuk pengganti susu.

Memang sumber kalsium paling besar dapat ditemukan di susu, namun ternyata ada beberapa jenis makanan juga lho yang tinggi akan kandungan kalsium. Berikut ini jenis makanan tersebut.

  • Brokoli

Percaya atau tidak, selain tinggi akan kandungan kaslium, sayuran jenis brokoli ini mengandung vitamin C yang tinggi. Penelitian menunjukkan mengkonsumsi brokoli disebut dapat mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker usus dan kanker kandung kemih.

  • Edamame

Edamame merupakan jenis sayur kacang-kacangan yang sudah lama dikonsumsi di Cina dan Jepang sejak beribu tahun yang lalu. Edamame juga memiliki kandungan protein yang tinggi termasuk 9 asam amino yang esensial. 

  • Jeruk

Anda pasti mengetahu ijeruk sebagai sumber vitamin C yang dapat berfungsi untuk perbaikan imunitas tubuh, jeruk juga rendah akan kalori dan tinggi akan kandungan antioksidan.

  • Tahu

Anda pasti mengetahui tahu (tofu) sebagai sumber protein. Namun tahu pun mengandung kalsium yang tinggi.

  • Ikan Sardin

Selain mengandung kalsium yang tinggi, ikan ini juga merupaka number vitamin B12 yang tinggi, vitamin ini berfungsi untuk kesehatan dari otak dan sistem saraf. Ikan sardin juga mengandung vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang.

  • Kacang Almond

Kacang almong merupakan kacang yang paling sehat untuk kesehatan Anda. Kacang ini mengandung 12% protein yang dibutuhkan sehari-hari dan kaya akan kandungan vitamin E dan kalium. Walaupun kacang ini dapat menggendutkan tubuh namun kacang jenis ini juga membantu menurunkakn kolestrol jahat di tubuh Anda, jadi konsumsilah kacang ini dalam  jumlah yang secukupnya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar