Sukses

Sindrom Kawasaki Kah Anak Saya

06 Mar 2016, 12:43 WIB
Pria, 1 tahun.

Mau Nanya Dok, Anak saya demam pada tanggal 22 feb 2016, kemudian saya bawa kedokter keeseokan harinya,dan dikberi dokter obat penurun panas tanpa antibiotik, 3 hari kemudian demam anak saya turun, dan timbul bercak merah dan kasap di kedua kaki mulai dari dengkul kebawah,dan anak saya mulai batuk pilek, saya bawa ke dokter lagi tanggal 28 feb 2016, diberi dokter obat batuk pilek tanpa antibiotik, tanggal 4 kemaren karen tidak ada perubahan saya bawa ke dokter yg berbeda dan diberi obat batuk pilek + antibiotik, namun yg saya aneh kulit dijari anak saya mengelupas,apakah pengelupasan itu normal, karena jarinya sering masuk mulut? apakah anak saya kena penyakit kawasaki (hasil seraching di internet) ?mohon penjelasan dok

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Kawasaki adalah suatu keadaan yang menyebabkan peradangan dinding arteri (pembuluh darah nadi) seluruh tubuh, termasuk arteri koroner. Penyakit ini meliputi kulit (kutan), mulut (mukosa), dan kelenjar getah bening (nodus limfatikus) sehingga seringkali disebut sindrom nodus limfatikus mukokutaneus. Sindrom Kawasaki banyak ditemukan pada anak usia 2-5 tahun dan dinamakan sesuai penemunya, dokter Jepang bernama Tomisaku Kawasaki.

Sindrom Kawasaki ditegakkan berdasarkan keluhan klinis dan pemeriksaan fisis. Pemeriksaan penunjang dilakukan hanya untuk menyingkirkan kemungkinan diagnosis lain yang memiliki gejala serupa.

Anak dengan sindrom Kawasaki umumnya mengeluh demam selama 5 hari atau lebih disertai minimal 4 dari gejala berikut:
- ruam kemerahan seluruh tubuh
- pembengkakan kelenjar getah bening leher
- tangan dan kaki merah dan membengkak, sebelum kemudian mengelupas
- bibir, mulut hingga tenggorokan berwarna merah dan pecah-pecah
- lidah berwarna sangat merah
- mata merah seperti berdarah
- beberapa mengeluh diare, nyeri perut, dan muntah

Kebanyakan anak dengan sindrom Kawasaki dapat pulih tanpa masalah. Bagaimanapun, penyakit ini dapat menyebabkan masalah jantung pada 1 dari 50 anak penderita sindrom Kawasaki. Oleh karena itu sangat penting untuk menegakkan diagnosis sindrom Kawasaki sedini mungkin sehingga dapat dilakukan terapi dini. Konsulkanlah masalah anak anda ini dengan dokter spsialis anak agar dapat segera diketahui terkena kawasaki atau tidak.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar