Sukses

Bronkitis Pada Anak, Bagaimana Mengatasinya
06 Mar 2016, 12:23 WIB
Wanita, 1 tahun.

siang dokter, anak saya batuk lebih dari 1 bulan, dan sudah diberi obat bermacam2 oleh dokter, yang bermacam2 pula. Tetapi masih belum sembuh. Untuk yang terakhir kali saya konsultasikan ke dokter , ternyata bronkitis tinggi (dari hasil rontgennya) dan ternyata kembungkinan bronkitis disebabkan oleh alergi . Dokter, apakah susu yang dikonsumsi anak saya berpengaruh ? selain makanan ? Susu apakah yang cocok sebagai pengganti nya dokter ?

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Bronkitis adalah suatu kondisi yang timbul bila dinding bagian dalam saluran pernapasan utama terinfeksi dan meradang. Keadaan ini biasanya diikuti dengan infeksi pernapasan seperti demam.  Bronkitis terbagi menjadi dua yaitu bronkitis akut dan kronis.

Pada anak-anak umumnya yang terjadi adalah bronkitis akut yang disebabkan oleh infeksi virus (90%). Gejala dari bronkitis akut adalah batuk yang menyebabkan sulit bernapas, umumnya diawali dengan batuk kering dan dalam beberapa hari berubah menjadi batuk produktif dengan dahak. Anak dapat muntah akibat batuknya, terdapat demam yang tidak terlalu tinggi, dan terdapat influenza atau pilek.

Bronkitis akut adalah penyakit ringan yang akan sembuh dengan sendirinya. Yang perlu dilakukan adalah membuat suasana nyaman di rumah. Berikan anak banyak minuman, apabila ada humidifier atau alat untuk memberikan uap untuk anak di rumah maka dapat diberikan, serta anak membutuhkan obat batuk untuk mengencerkan dahaknya dan mengurangi batuknya.

Bronkitis akut umumnya disebabkan oleh virus sehingga tidak membutuhkan antibiotik.  Gejalanya akan berlangsung antara 5-10 hari dan akan membaik dalam 10-14 hari. Selain virus, terdapat faktor risiko iritan yang memudahkan peradangan saluran pernapasan seperti asap rokok dan polusi udara. Karena itulah selain obat-obatan dan minuman yang adekuat, penghindaran asap rokok dan polusi udara juga sebaiknya dilakukan.

Biasanya jika bronkitis dikaitkan dengan alergi bisa saja ada hubungannya dengan susu yang anak anda konsumsi ataupun adakah di keluarga anda yang merokok? Biasanya paparan asap rokok yang terus menerus juga bisa menyebabkan bronkitis alergika pada anak. Saran kami tetap berkonsultasi dengan doktr spesialis anak agar anak anda mendapatkan terapi yang optimal.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar