Sukses

BAB Berdarah Pasca Minum Susu?
04 Mar 2016, 14:55 WIB
Wanita, 23 tahun.

dok saya mau tnya,knpa ya setiap hbis minum susu prenagen esensis pasca keguguran tnpa kuret,setiap BAB berdarah,pdhal BABnya teratur, makasih dok sebelumnya.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.com,

Sebelumnya kami perlu menanyakan beberapa hal seperti: berapakah usia kandungan Anda sewaktu keguguran? Sudahkah Anda melakukan USG untuk mengetahui sisa jaringan? Sudahkah Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan? Apakah penyebab dari keguguran Anda? Sebab, bila usia kehamilan cukup tua dan tidak di kuret, hal tersebut bisa membahayakan bagi Anda, salah satunya timbul perdarahan terus menerus dari kemaluan. 

Mengenai keluhan Anda sekarang, yakinkah Anda darah keluar hanya saat BAB? Apakah BAB Anda keras? Apakah Anda memiliki riwayat wasir/ riwayat BAB berdarah? Seharusnya, jenis susu yang Anda sebutkan tidak ada kaitannya dengan BAB berdarah. Ditakutkan bahwa penyebab BAB berdarah tersebut bukan dari susu Anda, sayangnya masih dibutuhkan lebih banyak riwayat dan paling baik Anda menjalani pemeriksaan secara langsung.

Kuret merupakan tindakan medis yang bertujuan untuk mengambil dan membersihkan sisa perdarahan atau jaringan yang masih ada dan menempel pada dinding rahim. Jika lewat pemeriksaan sudah tidak ada sisa jaringan atau perdarahan di dalam rahim maka tidak diperlukan kuret.

Untuk memastikan apakah sisa jaringan di dalam rahim sudah bersih adalah dengan melakukan pemeriksaan fisik kembali dan pemeriksaan penunjang seperti USG Abdomen atau USG Transvaginal. Jika memang masih ada sisa jaringan, dokter akan memutuskan apakah diperlukan tindakan kuretase atau digunakan obat-obatan. Jika tidak terdapat gangguan pada rahim, maka Anda tidak perlu khawatir karena seorang wanita dengan organ reproduksi yang sehat yang memiliki riwayat keguguran dapat kembali hamil. Namun perlu diketahui apakah penyebab keguguran yang Anda alami, jika disebabkan oleh penyakit tertentu maka sebaiknya Anda mengobati penyakit tersebut terlebih dahulu sebelum merencanakan kehamilan berikutnya.

Selain itu, untuk memastikan kondisi organ reproduksi Anda, kami sarankan Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar