Sukses

Pencabutan Gigi dan Sariawan

04 Mar 2016, 09:38 WIB
Wanita, 23 tahun.

ok, saya mau bertanya, 1. Apakah gigi atas itu boleh dicabut? Gigi atas saya no 2 dari belakang belom pernah tanggal sejak kecil, dari kecil sudah berlubang, dan sekarang dari luar terlihat menghitam. sering sakit, apakah boleh dicabut? 2.Lalu gigi paling belakang bawah saya keliatannya mau muncul, tapi di dinding gusi ada benjolan kecil warna pink keputihan, itu apa ya dok? Apakah itu termasuk sariawan? Karena saat sikat gigi terkena sikat itu sakit bahkan waktu lidah saya menyentuhnya juga sakit. saat sikat gigi juga sering berdarah. Tolong penjelasannya. Terimakasih

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami sangat memahami kekhawatiran Anda terhadap beberapa keluhan dalam rongga mulut yang dialami, dan Kami akan menjawab pertanyaan Anda satu persatu. Pencabutan gigi merupakan suatu prosedur medis yang sangat aman dilakukan baik untuk gigi atas maupun gigi bawah jika dilakukan sesuai prosedur dan indikasinya. Bila memang ada hal-hal yang merupakan kontraindikasi pencabutan seperti penyakit sistemik yaitu diabetes tidak terkontrol dan penyakit lainnya maka dokter gigi tidak akan melakukan pencabutan tersebut. Bila memang gigi tersebut harus dicabut karena keberadaanya dalam rongga mulut malah membayakan kesehatan jaringan sekitarnya juga kesehatan tubuh maka dokter gigi akan melakukan pencabutan seperti pada gigi susu Anda yang belum tanggal dan mengalami perubahan warna.

Perubahan warna menjadi kehitaman tersebut dapat disebabkan oleh karena gigi telah mengalami kematian atau nonvital. Setelah pencabutan dilakukan perlu dibuatkan gigi tiruan agar dapat menggantikan fungsi gigi yang telah dicabut. Untuk memastikan apakah benjolan kecil pada bagian gusi Anda tersebut perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung, karena kelainan itu bisa saja  bukan sariawan dan merupakan lesi yang terkait dengan hal atau penyakit lainnya.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar