Sukses

Kejang Demam Pada Anak (Kamis, 2 Maret 2016)

03 Mar 2016, 12:22 WIB
Wanita, 1 tahun.

nana saya guntur, data diatas anak saya yg bernama falisha, ketika demam anak saya selalu mengalami kejang, menurut dokter apa yg harus saya lakukan.

Selamat Siang Pak Guntur...

Kami mengerti kekhawatiran Anda pada keadaan anak Anda. Kejang yang didahului oleh demam biasa disebut dengan kejang demam. Kejang biasanya disebabkan karena suhu anak Anda mencapai lebih dari 38 drajat celcius. Penyebab kejang biasanya karena demam yang sangat mendadak. Tidak diketahui penyebab kenapa kejang demam bisa terjadi pada satu anak tapi belum tentu terjadi pada anak yang lain. Kemungkinan bisa terjadi karena genetik. Ambang kejang demam anak berbeda-beda. Ada yang demam 38 derajat celcius saja sudah demam ada pula yang demam 41 derajat pun tidak mengalami demam. 

Bila melihat anak kejang, usahakan untuk tetap tenang dan lakukan hal-hal berikut:

  1. Letakkan anak di tempat yang aman, jauhkan dari benda-benda berbahaya seperti listrik dan pecah-belah.
  2. Baringkan anak dalam posisi miring agar makanan, minuman, muntahan, atau benda lain yang ada dalam mulut akan keluar sehingga anak terhindar dari bahaya tersedak.
  3. Jangan memasukkan benda apapun ke dalam mulut. Memasukkan sendok, kayu, jari orangtua, atau benda lainnya ke dalam mulut, atau memberi minum anak yang sedang kejang, berisiko menyebabkan sumbatan jalan napas apabila luka
  4. Jangan berusaha menahan gerakan anak atau menghentikan kejang dengan paksa, karena dapat menyebabkan patah tulang.
  5. Amati apa yang terjadi saat anak kejang, karena ini dapat menjadi informasi berharga bagi dokter. Tunggu sampai kejang berhenti, kemudian bawa anak ke unit gawat darurat terdekat.
  6. Apabila anak sudah pernah kejang demam sebelumnya, dokter mungkin akan membekali orangtua dengan obat kejang yang dapat diberikan melalui dubur. Setelah melakukan langkah-langkah pertolongan pertama di atas, obat tersebut dapat diberikan sesuai instruksi dokter.

Demikian penelasan yang dapat Kami berikan. Semoga dapat membantu. (KM)

    0 Komentar

    Belum ada komentar