Sukses

Sering Lapar & Haus

03 Mar 2016, 08:39 WIB
Pria, 20 tahun.

Hallo, Dok, saya sering merasa haus dan lapar walaupun saya sudah makan yang banyak dan minum juga banyak. Makan hanya 3x sehari dengan menu yang secukupnya, seperti Nasi, soup, dan telor dadar. Dan saya jarang makan hal yang lain. Nah kalau minum selalu sering setiap beberapa menit sekali selalu minum, minum setiap 30 menit sekali satu gelas, tapi saya selalu merasa haus. Dan habis minum selalu inginnya buang air besar. Apakah itu menandakan saya memiliki penyakit?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com 

Keluhan Anda adalah sering haus dan sering lapar. Keluhan Anda kemungkinan bisa berkaitan dengan gejala diabetes. Berikut kami jelaskan sekilas mengenai diabetes.  

Gejala klasik diabetes mencakup polidipsi (sering merasa haus), polifagi (sering merasa lapar) dan poliuri (sering buang air kecil, terutama di malam hari). Selain itu juga disertai dengan sering merasa lelah dan penurunan berat badan yang terjadi drastis. Adakah gejala lain yang kami sebutkan Anda alami? Adakah riwayat penyakit diabetes dalam keluarga Anda.

Selain gejala khas di atas, masih terdapat gejala lain yang juga dapat ditemukan pada penderita diabetes:

- pandangan kabur
- kesemutan pada tangan dan/atau kaki
- luka yang tidak sembuh
- gatal-gatal pada selangkangan atau kemaluan
- keputihan (wanita) 

- cepat lelah dan mengantuk, hasil kerja menurun
- gangguan seksual (disfungsi ereksi)

Selain itu gejala-gejala yang terjadi juga harus didukung dengan pemeriksaan gula darah yang sesuai. Jika memang tidak terdapat gejala-gejala lain dan pemeriksaan gula darah Anda normal maka belum ada yang perlu Anda khawatirkan. Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis penyakit dalam agar dapat diketahui dengan pasti penyebab dari keluhan Anda dan dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar