Sukses

Nyeri Punggung & Terdapat Granuloma Paru

04 Mar 2016, 08:12 WIB
Pria, 32 tahun.

selamat pagi dokter, sudah seminggu ini saya merasakan pegal dan cenderung nyeri di punggung kiri setiap kali menarik nafas panjang ketika posisi punggung tidak tegak. dan rasa pegal itu sering muncul ketika saya dalam posisi tidur terlentang. saya pernah foto thorax, hasilnya adalah tampak lesi noduler perihiler kiri 0.4 cm, kesan nodul paru kiri, cenderung merupakan granuloma. apakah pegal dan rasa tidak nyaman itu terkait dengan hasil foto thorax itu? apa hanya gangguan otot punggung saja? mohon informasinya, terima kasih banyak

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi tanya dokter di Klikdokter.com 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Keluhan Anda saat ini adalah sering pegal di daerah punggung setiap menarik nafas dan pada hasil foto thorax Anda menunjukkan terdapat nodul mengarah kepada granuloma di paru. Untuk mengetahui apakah keluhan Anda dengan hasil foto thorax mempunyai keterkaitan harus dilakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu secara menyeluruh dan mencari tahu apakah juka terdapat gejala penyerta lainnya seperti batuk darah, batuk berkepanjangan atau terdapat demam lama. Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis penyakit dalam agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Gambatan granuloma pada paru bisa berkaitan dengan penyakit tuberkulosis, namun untuk dapat memastikannya diperlukan juga pemeriksaan penunjang lainnya seperti pemeriksaan dahak dan pemeriksaan dahak. 

Perlu diketahui juga bahwa pada penyakit tuberkulosis tidak disertai gejala nyeri punggung. 

Keluhan pada punggung dapat disebabkan karena gangguan pada kulit, otot, atau tulang. Keluhan pada kulit umumnya disebabkan karena adanya penyakit kulit pada bagian punggung, keluhan pada otot akibat salah posisi, dan keluhan pada tulang karena adanya kelainan tulang belakang.

Keluhan pada otot umumnya disebabkan karena salah posisi duduk atau bekerja dengan posisi yang sama terus menerus. Apabila tubuh tidak berada di dalam posisi anatomis, maka akan menimbulkan keluhan pegal. Keluhan punggung akibat gangguan tulang belakang (skoliosis) juga dapat menyebabkan rasa nyeri.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar