Sukses

Alergi Pada Ibu Hamil dan Risiko Alergi Pada Anak
02 Mar 2016, 09:56 WIB
Wanita, 3 tahun.

Kemungkinan terjadinya alergi susu sapi pada anak ke 2 berapa persentase nya...dan ada gak cara menanggulangi anak alergi semasa kehamilan

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pada anak yang alergi susu sapi, alergen (pemicu) nya adalah protein yang terkandung dalam susu sapi tersebut. Faktor genetik biasanya berperan pada bayi yang alergi susu sapi. Seseorang bisa mengidap alergi apabila terdapat riwayat di dalam anggota keluarganya. Alergi utamanya diturunkan orangtua pada anaknya, namun bisa juga menjadi ‘warisan’ dari keluarga yang lebih sepuh. Andaikan orangtua memiliki alergi terhadap suatu makanan, kemungkinan anak akan memiliki alergi yang sama yakni sekitar 50 persen. Hal ini tidaklah mutlak berdasarkan urutan lahir anak, namun lebih dipengaruhi oleh status nutrisi ibu saat sedang hamil.

 

Apakah ibu sudah memiliki alergi sejak sebelum hamil, atau alergi baru muncul ketika hamil? Saat hamil, terjadi penurunan daya tahan tubuh, sehingga pada beberapa keadaan memungkinkan seseorang baru mengalami alergi saat sedang hamil. Namun bila ibu sudah memiliki alergi sebelumnya, maka ketika hamil kemunculan alergi dapat lebih berat dari biasanya.

Hingga saat ini studi/penelitian menyebutkan bila ibu hamil (yang tidak alergi) menghindari suatu makanan tertentu selama hamil, belum tentu dapat menurunkan risiko bayi mengalami alergi terhadap makanan tersebut. Tentunya hal ini tidak berlaku untuk ibu yang sudah mengalami alergi terhadap makanan tersebut. Bila ibu alergi, maka makanan tersebut tetap perlu dijauhi untuk menghindari reaksi alergi ibu yang turut dapat membahayakan kondisi janin.

Saran terbaik yang dianjurkan untuk ibu hamil untuk menurunkan risiko alergi pada anak adalah untuk menjaga kesehatan ibu secara keseluruhan dan mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang.

Asupan makanan
Konsumsi makanan yang bernutrisi, termasuk 5 porsi buah dan sayuran setiap hari. Bila asupan makanan ibu terbatas, maka mintalah vitamin atau suplemen tambahan dari dokter Anda.

Kurangnya asupan buah selama kehamilan dapat meningkatkan risiko bayi mengalami asma (salah satu bentuk alergi pada saluran napas) hingga usia 2 tahun. Kecukupan buah dan sayuran amat penting untuk memastikan cukupnya vitamin dan mineral yang diperoleh ibu hamil. 

Rokok
Hindari merokok ataupun paparan asap rokok karena dapat meningkatkan risiko alergi pada bayi.

 

Apabila keluhan alergi anda rasa cukup mengganggu maka tidak ada salahnya anda memeriksakan diri ke dokter kebidanan dan kandungan Anda untuk mendapat pengobatan yang lebih optimal. Berikut kami sertakan artikel untuk melengkapi informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar