Sukses

Rencana Hamil Pasca Keguguran
02 Mar 2016, 08:43 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, saya mau tanya saya lagi haid sekarang dari tanggal 28 feb 2016 biasa saya haid tu 7 hari berarti kapan ya dok masa subur saya. Saya ingin sekali hamil lagi, setelah 2 bln lalu keguguran.. Dan sekarang saya minum suau prenagen essensi, bolehkah saya minum pada saat dingin? Terimakasih dok

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Perhitungan masa subur adalah 14 hari +/- 2 hari sebelum Hari Pertama Haid Berikutnya. Anda dapat menyertakan siklus menstruasi Anda (6 siklus terakhir atau paling tidak 3 siklus terakhir) agar dapat dilakukan perhitungan rata-rata masa subur. 

Namun, perhitungan masa subur hanya dapat efektif atau akurat apabila siklus menstruasi seorang wanita tergolong normal (21-35 hari, dengan lama 3-7 hari, volume sekitar 20-60 ml). Apabila siklus menstruasi tidak berlangsung teratur, maka perhitungan masa subur ini kurang akurat.

Siklus menstruasi normal umumnya berkisar antara 21-35 hari. Antara hari ke-12 hingga hari ke-14 terjadi pelepasan sel telur dari indung telur (ovulasi) akibat peningkatan tajam kadar hormon lutein (luteinizing hormone/LH) dalam darah, disebut LH surge (baca Fisiologi Menstruasi). Dengan demikian, masa ovulasi sebenarnya dapat diprediksi dengan mendeteksi kadar LH, yaitu ada/tidaknya LH surge saat pemeriksaan dilakukan. 

Saat ini, alat untuk mendeteksi ovulasi telah beredar luas dan dapat Anda peroleh di apotek-apotek terdekat. Bentuknya adalah sama dengan alat yang digunakan untuk mendeteksi kehamilan, yaitu menggunakan strip. Perbedaannya terletak pada waktu pengambilan sampel urin. Tidak seperti pemeriksaan kehamilan, urin yang diambil pagi hari bukanlah urin yang terbaik untuk pemeriksaan LHsurge, mengingat LH baru mulai disintesis pagi hari dan baru akan timbul di urin saat siang atau sore hari.

Selain itu, perbedaan juga terdapat pada cara pembacaan hasil pemeriksaan. Pada pemeriksaan kehamilan, setiap garis yang timbul meski terlihat samar dapat dibaca sebagai hasil positif (hamil). Sedangkan pada pemeriksaan masa ovulasi, hasil positif (ovulasi) baru didapatkan apabila timbul garis yang paling tidak sama atau lebih hitam dibandingkan garis kontrol.

Selain menggunakan alat tersebut, masa ovulasi juga dapat diketahui dengan mengukur suhu basal tubuh. Suhu basal seorang perempuan yang sedang mengalami ovulasi pada awalnya akan menurun, kemudian meningkat dan menetap pada suhu 37 derajat Celcius hingga siklus menstruasi berikutnya. Cara lain adalah dengan melihat getah serviks (leher rahim). Saat ovulasi, produksi lendir cenderung meningkat dan lebih kental untuk memudahkan jalannya sperma menuju sel telur.

Mengenai rencana untuk hamil kembali, umumnya dalam seminggu setelah keguguran kesuburan akan kembali normal (bila tidak ada komplikasi). Jika sudah mendapat haid lagi berarti fungsi organ reproduksi sudah kembali normal dan sudah boleh hamil lagi. Jadi sebenarnya bila sudah mendapat haid setelah keguguran, sudah bisa berhubungan lagi. Namun, dianjurkan agar ibu menunda kehamilan berikutnya selama kurang lebih 3 bulan pasca keguguran, hingga organ reproduksi ibu kembali ke bentuk semula dan ibu telah siap secara fisik dan emosi untuk hamil lagi.

Di samping itu, yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Konsumsi susu persiapan hamil boleh saja dilakukan, dan tidak masalah apakah diminum dalam keadaan hangat atau dingin sesuai selera. Yang terpenting adalah ibu mencukupi kebutuhan nutrisi ibu sehari-hari baik itu melalui makanan bergizi maupun disertai dengan suplemen/susu tambahan. Perlu juga diperhatikan:

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)
  • Hindari stress. Anda dapat pergi berlibur ataupun melakukan hobi dalam mengisi waktu luang untuk menenangkan pikiran serta mengembalikan semangat serta energi Anda.
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.
  • Ketahui masa subur Anda, dan lakukan hubungan intim 3x/minggu, atau 2-3 hari sekali. Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika Anda dan suami melakukan hubungan seksual pada masa-masa itu.   

Jangan lupa untuk berdiskusi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda mengenai rencana kehamilan Anda. Berikut kami sertakan tautan untuk melengkapi informasi Anda: 

?Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga Anda dan suami lekas diberikan momongan.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar