Sukses

Minum susu saat hamil dan nyeri perut
02 Mar 2016, 06:08 WIB
Wanita, 29 tahun.

Hi dokter Saya ingin tanya saat ini saya sedang mengandung dimana usia kandungan saya memasuki 9weeks. Sejak awal kehamilan saya hanya mengkonsumsi Susu Prenagen yg UHT. Banyak yg bilang kandungan gula nya lebih tinggi dan lebih baik jika mengkonsumsi susu bu Mohon arahannya bila pemula susu bubuk Prenagen manakah yg recommended utk usia 9week ini? Too much SKU jadi bingung :D Pertanyaan kedua, di usia week9 ini saya sering merasakan nyeri dibagian perut rasanya tidak enak seperti mau menstruasi apakah ini normal dok? Bagaimana cara penanganannya? Ditunggu feedbacknya dok ??

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah melakukan konsultasi di Klikdokter.com

Sebelumnya ada beberapa hal yang perlu kami konfirmasi,apakah Anda penyandang diabetes sebelumnya? Pada penyandang diabetes akan memiliki kecenderungan untuk melahirkan anak lebih besar daripada umumnya. Berat badan yang besar (lebih dari 4 kg)  saat lahir akan mempersulit proses persalinan secara normal. Namun walaupun Anda tidak memiliki  diabetes sebelumnya, pada saat kehamilan bisa saja terjadi diabetes gestasional atau diabetes yang terjadi pada saat kehamilan. 

Apabila Anda tidak memiliki diabetes sebelumnya, maka concern mengenai makanan dengan gula tinggi bisa tidak terlalu Anda khawatirkan. Yang paling pentig Anda sebaiknya memperhatikan kenaikan berat badan Anda. Pada 3 bulan pertama, kenaikan berat badan akan berkisar 1 - 2,5 kg. Sedangkan trimester kedua dan selanjutnya kenaikan berat badan akan berkisar 0,5 kg/minggu. Walaupun demikian, pada umumnya yang berlebihan itu tidaklah baik, sehingga sebaiknya Anda menyeimbangkan pola makan tidak melulu makanan atau minuman manis dan berkalori tinggi. Untuk konsumsi susu, Anda bisa mengkonsumsi susu apa saja. Tetaplah mengecek kondisi kehamilan Anda secara rutin termasuk gula darah Anda saat hamil. 

Nyeri perut pada usia kehamilan awal merupakan salah satu keluhan yang seringkali ditemui. Tidak semua nyeri timbul akibat suatu kelainan yang serius, terutama apabila hanya dirasakan sesekali. Pengaruh gas dalam perut, penekanan organ oleh rahim yang membesar, peregangan dan penebalan ligamentum penahan rahim, perubahan posisi tiba-tiba, dan konstipasi juga dapat menyebabkan keluhan yang serupa. Kondisi ini adalah wajar dan terkadang dapat pula disertai oleh flek/bercak perdarahan akibat implantasi hasil pembuahan ke dinding rahim.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar