Sukses

Kesulitan Buang Air Besar

03 Mar 2016, 18:54 WIB
Wanita, 21 tahun.

Malam dok , saya mau tanya udah lebih dari 3 bulan perut saya seperti kembung membesar dan keras jika memakai baju ketat jd seperti orang hamil , perut terasa penuh/engap walaupun makan sedikit , saya sudah memeriksa ke dokter dgn melakukan rontgen, tetapi tidak ada apa apa cuma magh saja , kemudian diberikan obat tetapi tidak ada perubahan, bab saya kurang lancar , sebaiknya saya harus bagaimana dokter ? Terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Keluhan sulit buang air besar (sembelit) dalam dunia kedokteran disebut juga dengan konstipasi. Yang disebut konstipasi adalah apabila buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu dan disertai dengan konsistensi kotoran/tahi/feces yang keras. Kotoran yang keras saat buang air besar dapat menimbulkan sensasi nyeri pada anus. Buang air besar yang tidak tuntas dapat  pula memberikan rasa tidak nyaman pada daerah sekitar anus. BAB tidak lancar memang dapat menjadi sumber kekhawatiran tersendiri karena menyebabkan rasa tidak nyaman dan gelisah.

Bagaimana dengan frekuensi buang air besar Anda? Bila < dari 3 kali dalam seminggu maka Anda mengalami konstipasi atau sembelit. Faktor risiko konstipasi mencakup minum yang kurang (orang normal minum 2-3 liter/hari), kurang makan sayur-sayuran dan buah-buahan, dan aktivitas fisik yang kurang (sedentary life).

Teruslah mengkonsumsi banyak sayur dan buah-buahan, banyak minum, dan berolahraga. Disarankan untuk memakan 1 porsi sayur-sayuran setiap kali makan, dan memakan 2 porsi buah-buahan setiap harinya. Bila dengan perubahan pola hidup ini keluhan belum berkurang juga, maka tidak ada salahnya Anda memeriksakan diri kembali ke dokter dan meminta obat untuk membantu buang air besar.

Berikut ini adalah pertanyaan pertanyaan yang cukup sering ditanyakan oleh penderita wasir.

1. Kalau pas kambuh seperti itu, apa yang harus saya segera lakukan?

  1. Jangan menahan BAB

Langsung menuju toilet bila merasa ingin BAB. Jangan menahannya. Kalau bisa, coba rutin untuk BAB setiap hari, misalnya saat sehabis makan pergilah ke toilet untuk beberapa menit.

 

  1. Duduk dalam air hangat

Rendam bokong Anda setiap 3 – 4 kali sehati selama kurang lebih 20 menit. Ini berfungsi untuk mengurangi gatal dan iritasi.

 

  1. Minum obat herbal

Salah satu pengobatan dan perawatan wasir adalah mengonsumsi obat-obatan herbal. Selain alami, obat hebal dapat dikonsumsi jangka panjang. Salah satunya yang disarankan adalah kapsul Hemorid yang terbuat dari Temulawak, Daun Wungu, Daun Andong, dan Kayu Rapat. Kapsul Hemorid dapat meredakan rasa nyeri dan pendarahan, mengempiskan benjolan, mengurangi pembengkakan, dan memperlancar BAB.

 

  1. Ke Dokter

Jangan ragu dan malu untuk pergi berobat ke dokter. Semakin awal untuk menangani wasir, semakin baik.

2. Kenapa BAB saya bisa seperti itu?

Bisa jadi karena Anda kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Serat dapat membantu memperlancar BAB sehingga resiko terjadi wasir pun terhindari.

Untuk keluhan sulit buang air besar, kami sertakan artikel: 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar