Sukses

Sakit Amandal Yang Berulang

28 Feb 2016, 17:42 WIB
Wanita, 24 tahun.

dokter, saya ingin bertanya. saya memiliki riwayat penyakit amandel. saat ini amandel saya sesang radang dan sakitnya smpai mengganggu saya utk berbicara krn itu akan menyebabkan sakitnya sampai di telinga dan membuat saya terbangun pada tengah malam. langkah pertama yg telah saya lakukan meminum paracetamol 3x sehari dan ini sudah saya lakukan slma 3 hari tapi tdk berpengaruh pada amandel saya. yg ign saya tanyakan apakah saya lanjutkan meminum paracetamol hinggal 1 minggu atw langsung menemui dokter tht? terimakasih dokter.

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Mengkonsumsi parasetamol tidak akan membuat amandel anda menjadi kecil, menurut pendapat kami, anda sebaiknya bisa langsung mendatangi dokter THT agar dilihat seberapa besar amandel anda meradang.

Tonsil atau amandel atau dalam pemeriksaan THT yang Anda sebutkan disingkat dengan T, adalah merupakan salah satu jaringan limfoid yang berlokasi di mulut atau di kedua sisi dari faring. Fungsi dari tonsil adalah melawan virus dan bakteri yang masuk melalui tenggorokan dengan cara membantu tubuh memproduksi sel-sel limfosit untuk membantu melawan infeksi.

Tonsil akan membesar manakala sedang terjadi proses peradangan atau infeksi. Radang tonsil tidak selalu diatasi dengan operasi. Radang tersebut apabila disebabkan oleh bakteri maka akan diberikan antibiotik, kemudian antiradang, dan banyak minum air hangat. Apabila tonsil mengecil dengan obat-obatan maka tidak akan menjadi masalah karena dia merupakan salah satu pertahanan tubuh yang akan membesar karena infeksi dan mengecil apabila infeksinya hilang. Jadi tidak semua radang tonsil harus dioperasi. Jika tonsil meradang dan membengkak, terdapat bercak abu-abu/kekuningan pada permukaan dan berkumpul membentuk membran.

Ukuran besarnya tonsil dinyatakan dengan :

  • T0 : bila sudah dioperasi
  • T1 : ukuran yang normal ada
  • T2 : pembesaran tonsil tidak sampai garis tengah
  • T3 : pembesaran mencapai garis tengah
  • T4 : pembesaran melewati garis tengah

Penatalaksanaannya pun tergantung seberapa sering amandel anda kekambuhan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar