Sukses

Timbul Bisul Sehabis Makan Keju
03 Mar 2016, 18:19 WIB
Wanita, 1 tahun.

Hii dok. saya mau tanya anak saya sebelumnya ga ada masalah makan apapun tpi pas usia 8 bulan mertua saya memberikan mpasi ayam tim muali dri saat itu anak saya ga bisa salah makan. yg sebelumnya makan keju gak apap skrg tiap ada makanan yg ada olhan keju langsung muncul kayak bisul di kepala. apa minum susu sapi jg nanti bisa alergi ya dok? thanx

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Nampaknya bisul yang muncul pada bayi anda bukan karena keju.Izinkan kami menjelaskan tentang bisul dan penanganannya. Bisul merupakan salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcus dan staphylococcus). Umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh.

Pada umumnya bisul dimulai sebagai memerah, daerah tender. Seiring waktu, daerah itu menjadi tegas, keras, dan lembut. Akhirnya, pusat mendidih lembut dan menjadi penuh dengan melawan infeksi sel darah putih dari aliran darah untuk membasmi infeksi. Ini kumpulan sel darah putih, bakteri, dan protein dikenal sebagai nanah. Akhirnya, nanah dapat operasi dibuka atau secara spontan mengalir keluar melalui permukaan kulit.

Obat untuk mengobati bisul, sesuai dengan penyebabnya, adalah antibiotik yang diberikan atas pengawasan dokter, antibiotik tersebut bisa berupa topikal (dioleskan) ataupun oral (tergantung jenis furunkel). Namun sesudah diberikan antibiotik, guna mencegah bisul tersebut kambuh kembali, disarankan untuk menjaga kebersihan daerah tersebut. 

Jika karena alergi akan susu sapi dan produk olahan sapi seperti keju biasanya akan muncul gejala berupa mencret dan mual muntah. Saran kami bawalah anak anda ke dokter anak agar dikaji lebih lanjut penyebab bisul nya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar