Sukses

Mengatasi Anak Tidak Suka Sayur
03 Mar 2016, 18:26 WIB
Wanita, 5 tahun.

Mlm dok mau tanya knp bb ank sya gk ideal.pdhl susu sy ksh dr usia 1thn s-26 procal gold trs sy gnt usia 3thn smpe skrg 5thn chilkid-chilscholl platinum.min jg dia mau.hanya sj dia krgsuka buah dan sayur.gmn y dok solusinya.? Ap ad mslh dgn pertmbhn anku...?? Trimz

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Jika berat badan anak anda belum ideal, berapakah berat badan dan tinggi badan serta usia anak anda saat ini? Untuk mengetahui aapakah berat badan anak anda sudah ideal diperlukan data mengenai berat badan,tinggi badan,usia yang di nilai dan di plot ke dalam kurva dan dilihat tren kenaikannya. kami sarankan anda untuk kontrol ke dokter anak agar dipantau lebih lanjut.

Berikut ini kami sampaiakan beberapa kiat yang bisa Anda lakukan agar buah hati menyukai sayur dan buah. Berikut di antaranya:

1. Berkreasi dalam membuat makanan

Bentuklah buah dan sayur dalam potongan-potongan yang menarik. Sebagian anak akan bersikap defensif ketika mendengar kata-kata buah atau sayur. Untuk itu, cobalah berikan nama panggilan baru pada potongan makanan yang telah Anda buat. Buatlah kegiatan ini menjadi hiburan bagi anak.

2. Jangan memaksa anak.

Memaksa anak memakan suatu jenis makanan akan membuat mereka semakin menolak makanan tersebutserta memicu ketegangan antara orangtua dan anak.

3. Cobakan satu persatu.

Dalam mencobakan jenis makanan baru, sertakan juga makanan yang sudah dikenalnya. Perkenalkan makanan baru satu demi satu. Dan, hindari memberikan satu menu yang semuanya terdiri atas jenis makanan baru.

4. Mengolah sayur.

Seringkali anak menolak makan sayur karena bau atau rasanya yang terlalu tajam, terlalu berbumbu, terlalu lunak, atau terlalu matang. Sesekali olah sayur dengan cara dipanggang hanya dengan tambahan olive oil, tanpa bumbu tambahan. Cita rasa asli sayur akan keluar dan teksturnya pun lebih terasa. Seperti orang dewasa, anak kecil umumnya menyukai makanan yang renyah dan enak.

5. Sediakan buah dan sayur dalam jangkauannya.

Ketika lapar, anak akan meraih makanan yang ada di dekatnya. Jika anak meminta camilan, hanya sediakan camilan berupa buah atau sayur untuknya.

6. Berikan contoh.

Anak akan mencontoh orang terdekatnya, terutama orangtua. Jika orangtua sering makan buah atau sayur, maka anak akan mengikuti perilaku serupa.

7. Jangan menyerah.

Dibutuhkan setidaknya 10 kali percobaan sebelum anak mau menerima jenis makanan baru. Cobakan buah atau sayur dalam porsi kecil terlebih dahulu. Semakin sering anak terpapar dengan makanan baru, semakin besar kemungkinan ia akan menerimanya. Namun ingat, hindari paksaan ketika mencobakan makanan tersebut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar