Sukses

Susu Soya Versus Susu Sapi
03 Mar 2016, 18:40 WIB
Pria, 3 tahun.

Slmt mlm dok.anak sy wktu umur 1 tahun ndk alergi susu sapi.tapi semenjak muncul merah2 dibadannya yg kallau berkeringat gatal dn panas,akhirnya sy bri susu soya.tapi skrg sy ingin balik ke susu sapi.Kira2 utk anak seumur theo apa nama jenis susunya ya?mhn info

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Apakah anak anda menderita alergi susu sapi? Memang dalam menentukan alergi susu sapi tidak lah mudah. Diperlukan konsultasi dengan dokter spesialis anak dan dibuktikan bahwa memang benar susu sapi lah sebagai pencetus alergi pada anak anda.

Mengganti susu sapi dengan soya sebagai alternatif hanya ada di Indonesia. “Soya bukan solusi untuk mengatasi masalah alergi susu sapi,”. Dari penelitian yang pernah dikerjakan langsung oleh dr. Anang di Pulaau Madura, menghasilkan kesimpulan bahwa 40% anak yang alergi terhadap susu sapi ternyata juga memiliki alergi terhadap susu soya.

Jika anda ingin kembali mencoba susu sapi bisa saja, cobalah sedikit demi sedikit atau bertahap dan lihatlah respon nya. Manifestasi klinis alergi protein susu sapi (APSA) pada anak paling banyak terlihat pada saluran pencernaan sebesar 50-60 persen. Sisanya terlihat di kulit dan saluran nafas. Gejalanya mulai dari ringan sampai berat hingga mengancam jiwa, seperti asma berat, udem laring, dan anafilaksis yang berakibat tidak sadar atau maut. Manifestasi pada saluran pencernaan biasanya dalam bentuk muntah, diare, dan diare berkepanjangan. Jika memang tidak ada tanda-tanda alergi maka anda bisa teruskan konsumsi susu sapi tersebut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar