Sukses

Ingin Ganti Susu Sapi Kembali
03 Mar 2016, 19:52 WIB
Wanita, 6 tahun.

Dok anak saya berusia 6 bln, dan dia alergi susu sapi sekarang susunya pakai morina php,, kira kira kapan saya bisa menggaganti susu php tersebut dengan susu sapi?

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Pengobatan dasar yang efektif untuk alergi susu sapi adalah dengan menghindari susu sapi atau produk turunannya sebagai penyebab munculnya reaksi alergi. Namun untuk beberapa kondisi medis tertentu, dimana pengguanaan formula dianjurkan oleh tenaga kesehatan mengingat anak membutuhkan nutrisi dalam susu sapi untuk tumbuh kembangnya, penggunaan formula partially hydrolyzed and extensive hydrolyzed lebih disarankan, dibandingkan dengan penggunaan susu kedelai (soy) dalam penanganan alergi susu sapi.

Formula partially hydrolyzed  (formula terhidrolisasi sebagian) umumnya digunakan untuk mencegah timbulnya gejala alergi pada anak yang memiliki resiko alergi karena faktor keturunan, sedangkan formula extensive hydrolyzed (formula terhidrolisasi seluruhnya) umumnya diberikan kepada anak yang telah menunjukkan gejala alergi (manifestasi alergi).

Selain itu harus diingat bahwa kecurigaan alergi terhadap protein susu sapi tidak dapat menjadi alasan untuk menghentikan pemberian ASI kepada bayi. ASI adalah sumber nutrisi yang terbaik bagi bayi dan anak. Setelah beberapa waktu, Anda dapat memperkenalkan kembali susu sapi ke dalam menu anak secara bertahap dan lihatlah respon nya. Jika tidak ada gejala setelah meminum susu sapi tersebut, maka susu sapi dapat dilanjutkan. Gejala klinis paling sering terlihat adalah gangguan saluran cerna (50-80 persen), mulai dari muntah , diare berlanjut yang kadang-kadang disertai darah, konstipasi atau sembelit, bahkan bisa mengganggu tumbuh kembang anak.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar