Sukses

Sudut Mulut Perih

27 Feb 2016, 17:10 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok, di kedua sudut bibir saya terasa perih saat membuka mulut, dan di setiap sudut menjadi kering kecoklatan. itu kenapa ya dok? terimakasih.

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami sangat memahami rasa tidak nyaman yang dirasakan akibat sudut bibir Anda yang perih dan kering. Kondisi yang Anda alami ini bisa diarahkan pada suatu kelainan yang disebut dengan Angular Cheilitis  (peradangan di sudut mulut), yang dapat diawali oleh beberapa faktor sebagai berikut kekurangan vitamni, kekurangan cairan, kondisi badan yang tidak fit, kebersihan rongga mulut yang tidak baik dan kebiasaan-kebiasaan seperti menggigit bibir, kuku, pulpen, dan menyentuh bibir dengan jemari.

Daerah sudut bibir merupakan bagian yang  lembab dan merupakan tempat yang kondusif bagi pertumbuhan bakteri serta jamu, selain itu bagian tersebut merupakan bagian yang memiliki pergerakan yang cukup tinggi dengan aktivitas buka tutup mulut. Angular cheilitis dapat sembuh dengan sendirinya dan terkadang membutuhkan waktu yang lama. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi kondisi ini

- Jangan menjilat bibir

- Konsumsi vitamin terutama vitamin B kompleks 

- Tingkatkan konsumsi cairan

Perhatikanlah jika kondisi Anda tidak membaik terutama lebih dari dua minggu maka segeralah berobat ke dokter gigi atau dokter spesialis kulit.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat dan semoga Anda lekas sembuh.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar