Sukses

Tips Nutrisi untuk Ibu Menyusui
27 Feb 2016, 16:03 WIB
Wanita, 7 tahun.

Dear dokter.. dok, saya mau konsultasi, kalau menyusui boleh minum nuriskin tdk? Anakku skrg usia jln 8 bln. Terimakasih

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Mohon maaf dalam forum ini kami tidak dapat membahas produk komersil tertentu untuk menjaga prinsip imparsialitas website kami. Namun kami menyarankan agar Anda mengkonsumsi makanan alami dan bukan makanan olahan selama menyusui. Izinkan kami menjelaskan tentang tips nutrisi selama menyusi. Untuk memperoleh ASI dalam jumlah cukup dan berkualitas, ibu disarankan untuk mengkonsumsi asupan nutrisi yang memadai. Beberapa asupan nutrisi ibu mempengaruhi komposisi ASI, antara lain asam lemak ASI seperti Omega 3 dan Omega 6, vitamin B dan D serta kolin. Omega 3 dan Omega 6 merupakan bahan dasar pembentuk DHA dan AA. DHA dan AA penting bagi perkembangan saraf terutama bagian retina dan otak bayi. Bayi memenuhi kebutuhannnya akan DHA melalui ASI. Para pakar dunia menyarankan kadar DHA per hari untuk ibu hamil dan menyusui adalah sebanyak 200 mg DHA/hari. 

Konsentrasi beberapa nutrisi lain seperti vitamin B dan D juga dipengaruhi asupan nutrisi ibu. Berbagai vitamin B merupakan koenzim yang berperan dalam metabolism pembentukan energi. Vitamin D dalam ASI dipengaruhi diet ibu dan paparan sinar matahari. Rekomendasi untuk vitamin D adalah 5 ug/hari. Sedangkan kolin penting bagi perkembangan otak bayi dan berperan penting dalam proses produksi ASI. Selama menyusui dianjurkan memenuhi 550 mg hari. 

Salah satu masalah kesehatan yang paling sering dialami ibu menyusui adalah anemia atau kekurangan darah. Anemia seringkali terjadi tanpa disadari. Gejala umum anemia seperti cepat merasa lelah, lemas, pucat, pusing dan nafas pendek-pendek sering disalahartikan sebagai kelelahan karena kurang istirahat atau tidur, situasi yang biasa dialami para Ibu yang baru melahirkan. Anemia terjadi karena Ibu kekurangan asupan zat besi dan asam folat dalam makanan sehari-hari. Karenanya penting sekali bagi ibu yang sedang menyusui untuk rajin mengkonsumsi sumber makanan yang kaya akan zat besi seperti daging, ikan, telur, hati, sayuran berdaun hijau (seperti daun singkong, kangkung, bayam, dan sebagainya), kacang-kacangan, sereal dan gandum. Jika dibutuhkan, Ibu menyusui juga dapat mengkonsumsi suplemen penambah darah yang mengandung zat besi untuk menambah level zat besi dalam tubuh, karena setidaknya ibu menyusui membutuhkan 10mg zat besi per harinya. Oleh karena itu, Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin atau mineral dan menyesuaikan kadarnya dengan kebutuhan di atas. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar