Sukses

Kelainan Kulit Psoriasis, atau Alergi?

26 Feb 2016, 11:05 WIB
Wanita, 29 tahun.

pagi dokter dokter sy sedang mengandung 8 bulan. sy menderita alergi yang sangat parah. dokter kandungan sempat curiga sy menderita psoriasis tp ketika sy mendatangi beberapa dokter kulit katanya hanya hormon bayi tanpa di suruh cek darah dll. yang sy mau tanyakan apakah tidak ada cek yang pasti agar sy mengetahui sy menderita penyakit kulit apa? terima kasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah mempercayakan masalah kesehatan Anda pada Klikdokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sayangnya Anda tidak menyebutkan gejala yang Anda alami, apakah terdapat keluhan area kulit yang menebal? Apakah kelainan tampak berkerak, kemerahan, nyeri, gatal? Apakah ada kondisi tertentu yang mencetuskan, misalnya Anda baru infeksi tenggorokan, luka pada kulit (yang kemudian berkembang sebagai kelainan tersebut), stres berlebihan, cuaca dingin? Bila Ya, maka memang kemungkinan besar terjadi psoriasis, meskipun tetap harus didahului dengan pemeriksaan secara langsung (melihat gambaran kelainan kulit tersebut). 

Adapun pemeriksaan yang dibutuhkan untuk memastikan suatu jenis penyakit kulit akan sangat bergantung dengan jenis penyakitnya. Memang umumnya, sebagian besar penyakit kulit seringkali tidak membutuhkan pemeriksaan laboratorium tambahan, namun sangat bergantung dengan penyakitnya. Untuk psoriasis, diagnosisnya memang ditegakkan secara klinis (berdasarkan gejala, riwayat, dan pemeriksaan fisik seperti gambaran penyakit, tanda-tanda, dll). Tanda-tanda yang khas meliputi tanda Auspitz (bila dibawah kerak tampak bintik-bintik perdarahan saat diangkat), tanda Koebner (munculnya kelainan adalah pada tempat yang baru saja terjadi trauma). Selain itu ada fenomena tetesan lilin (saat kerak digores dengan pinggir kaca objek maka akan terjadi perubahan warna menjadi lebih putih). Tanda-tanda ini akan diperiksa oleh dokter.

Sedangkan bila dicurigai diagnosisnya adalah alergi, maka dapat dilakukan tes tusuk atau tes alergi untuk memastikan.

Bila Anda merasa belum puas dengan hasil pemeriksaan pertama, tidak ada salahnya bila Anda ingin meminta opini kedua (second opinion) pada dokter spesialis kulit yang lain.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan, semoga gangguan kulit Anda segera teratasi.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar