Sukses

Pusar Berair
26 Feb 2016, 08:34 WIB
Wanita, 1 tahun.

Dok saya mau tanya bayi saya hampir 7 bln tapi erat badannya tidak ada tambahann. Padahal makan,asi dan susu formula kuat. Tapi dia sediagseringrus pusatnya keluar seperti bodong,merah dan sedikit berair kira2 apa Pnyebabnya? Dan apa solusinya Terimakasih dok.

Terima Kasih Ibu Maya atas kepercayaan Anda kepada Kami unutk menyelesaikan permasalahan kesehatan Anak Anda.

Jika terdapat keluhan adanya kemerahan di area pusar, nyeri,berbau,  pembengkakan dan cairan nanah dari pusar, Anda harus segera melakukan konsultasi secara langsung dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan diketahui penyebabnya. Berikut penyebab yang sering mengakibatkan gangguan pada pusar:

Infeksi jamur

Infeksi jamur pusar ditandai dengan gatal yang menyakitkan dan rasa terbakar. Infeksi jamur yang sering terjadi diakibatkan oleh jamur candida. Candida Albican tumbuh dengan baik pada udara hangat, daerah lembab seperti saluran kemih, mulut, hidung dan pusar.

Infeksi Bakteri

Keringat, sabun dan substansi lain yang mengumpul di dalam rongga pusar dapat menjadi wadah bakteri untuk berkembang biak. Keluhan penyertanya antara lain adanya cairan kuning dari pusar, nyeri dan pusar membengkak.  Akumulasi nanah dari jaringan yang meradang sekitarnya dapat membuat pusar berbau busuk. Bau ini disebabkan oleh keberadaan bakteri anaerob.

Patent Urachus

Tabung urachus adalah tabung kecil menghubungkan kandung kemih janin ke tali pusat. Dalam beberapa kasus, tabung urachus mengalami kegagalan dalam menutup setelah lahir sehingga menyebabkan patent urachus.

Penangannnya tergantung dari penyebabnya, oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan diketahui penyebabnya. Jika diakibatkan jamur akan diberikan obat anti jamur, jika penyebabnya adalah bakteri akan diberikan salep antibiotik dan bilasan air hangat sebelum diberikan salep. Untuk penanganan patent urachus diperlukan penanganan operasi. 

Demikian penjelasan yang bisa Kami berikan kepada Ibu Maya, semoga dapat membantu. (KM) 

0 Komentar

Belum ada komentar