Sukses

Mata Merah pada Anak

27 Feb 2016, 09:24 WIB
Pria, 46 tahun.

Dok saya mau konsultasi permasalahan mata putri saya (umur 10 tahun), pada pertengahan tahun 2014 mata putri saya sakit dengan ditandai dengan warna merah dan pedih pada bola mata kemudian dibawa ke dokter umum dan diberi obat tetes mata cendoxitrol setelah ditetes dua kali malam dan pagi sembuh normal. Menjelang seminggu kemudian kambuh kembali dan diberi obat yang sama sembuh dan kejadian tersebut berulang pada bulan selanjutnya. Karena tidak sembuh kami konsultasikan ke dokter anak dan kami menceritakan kejadian tersebut setelah diperiksa diberikan obat anti alergi dalam bentuk kapsul dan selama mengkonsumsi obat tersebut tidak pernah kambuh. Akan tetapi begitu obat dari dokter anak tersebut habis setelah seminggu kemudian pada mata putri saya terjadi berulang bola mata merah dan pedih. Kami konsultasi ke dokter mata dan diberi obat alegysal diteteskan 2 kali sehari juga diberi obat tetes cendo lyteers yang digunakan bila dalam waktu selang pemberian alegysal terjadi merah (dimana setelah ditetes obat tersebut terasa pedih) dan juga kurang berpengaruh terhadap kondisi mata putri kami. Untuk itu mohon nasehat rujukan dari Dokter berkaitan pemasalahan mata puri kami kira harus kemana dan bagaimana terima kasih atas bantuannya

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhwatiran yang Anda alami, Sebelum kami menjawab ijinkan kami menjelaskan sedikit mengenai mata merah. Mata merah disebabkan oleh dilatasi atau pelebaran pembuluh darah mata. Untuk mengetahui penyebab dari pelebaran tersebut, perlu dibedakan antara pelebaran pembuluh darah silier atau konjungtiva. Pelebaran pembuluh darah silier menunjukkan adanya peradangan pada bagian kornea, iris, atau badan siliaris mata.

Walaupun penyebab mata merah paling sering adalah peradangan konjungtiva karena infeksi bakteri, virus, maupun karena alergi, mata merah dapat juga disebabkan oleh peradangan pada iris, kornea. Penyebab lain dapat berupa adanya benda asing, trauma, perdarahan di bawah konjungtiva, dll. Karena itu perlu diketahui juga apakah mata merah disertai mata berair, belekan, nyeri,dll. Infeksi virus atau bakteri biasanya disertai dengan mata berair maupun belekan.

Perlu kita telusuri lebih jauh mengenai keluhan yang  anak Anda alami. Iritasi mata memang dapat menjadi salah satu faktor utama penyebab mata merah. Sebaiknya Anda memeriksakan kondisi anak Anda ke dokter spesialis mata, agar dapat dilakukan pemeriksaan mata dan penyebab mata merah pada anak Anda dapat diketahui dengan pasti. Untuk mengembalikan warna putih mata mata Anda, Anda tidak memerlukan makanan khusus tetapi justru terapi atau pengobatan dalam mengatasi penyebabnya. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. 

Salam

 

0 Komentar

Belum ada komentar