Sukses

Mual Muntah Saat Hamil
24 Feb 2016, 22:16 WIB
Wanita, 23 tahun.

Slmt Sore Dokter, sy mau tnya soal kndungan saya, saat ini usia kandungan saya sdh 15 minggu. tp sy maish merasakan mual bhkan bisa muntah aplagi disaat pagi hari. apakah hal bgtu msih wajar2 saja ya dok. trimakaih.. mhn jwbnnya dok.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Mual dan muntah merupakan gejala yang wajar ditemukan pada kehamilan triwulan pertama. Biasanya mual dan muntah terjadi pada pagi hari, sehingga sering dikenal dengan morning sickness.

Mual muntah ini umumnya dialami pada trimester pertama (minggu ke 6-12 kehamilan). Namun tidak menutup kemungkinan bahwa ada pula ibu yang mengalami hingga minggu ke 20. Bahkan, ada pula yang mengalaminya hingga anak lahir.

Jika gizi dan cairan masih dapat terpenuhi dengan baik dan tumbuh kembang janin baik, tidak ada yang perlu Anda khawatirkan . Namun jika mual muntah sudah berlebihan (hiperemesis gravidarum), maka disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter.

Anda dapat mengurangi mual muntah tersebut dengan minum banyak air putih dan makan dalam porsi yang kecil namun sering. Hindari terlambat makan dan makanan yang merangsang lambung (pedas, asam, soda). Anda juga dapat mengkonsumsi obat mual yang dapat diresepkan oleh dokter. Jika keluhan tetap berlanjut atau memberat, kami anjurkan Anda berkonsultasi kepada dokter kebidanan dan kandungan untuk mendapatkan terapi lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar