Sukses

Nyeri Perut Bawah

24 Feb 2016, 08:32 WIB
Wanita, 20 tahun.

Malem Dok, saya mau nanya. Kenapa ya, udah 2 hari perut bagian bawah saya sakit banget dan keras, sesekali sakitnya pun sampai nembus ke anus, bahkan berdiri atau duduk pun sangat terasa sakit setiap gerak sedikit aja. Sempat merasa mual dan pagi ini pun 2x buang air besar. Sebelumnya saya sempat makan pedas sebanyak 3x. Saya udh coba minum obat maag, dan obat rasa penghilang sakit lainnya, tapi tetap tidak membaik. Kira kira saya kenapa ya Dok? Makasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Bagaimanakah aktivitas Anda sehari-hari? Apakah terdapat waktu spesifik saat nyeri dirasakan? Adakah pemicu munculnya nyeri, seperti gerakan tertentu? Apakah sakit perut bawah tersebut menjalar ke paha atau terpisah antara nyeri di perut bawah dengan di paha? Apakah Anda merasa panas saat  buang air kecil (BAK) atau buang air besar (BAB)? Apakah terdapat gejala lain yang menyertai (perut kembung lainnya)? 

Begitu banyak penyebab yang dapat menimbulkan keluhan nyeri perut bawah. Bagian perut bawah tersusun atas kulit, otot, jaringan lemak dan penunjang, organ reproduksi, usus besar ataupun saluran kemih. Salah satu gangguan dari organ diatas dapat menyebabkan keluhan nyeri perut bawah. Apabila nyeri tersebut berasal dari area lain, contoh: nyeri berasal dari pinggang kiri yang menjalar ke perut kiri; maka ada kemungkinan terdapat gangguan pada saluran kemih. Apabila disertai dengan gangguan BAB maka terdapat masalah pada sistem pencernaan. Namun, penyakit ini baru dapat didiagnosis melalui pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang. 

Oleh karena itu kami sarankan Anda segera memeriksakan diri langsung ke dokter terdekat agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan terapi optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar