Sukses

Keluarnya Cairan Bening Hidung

24 Feb 2016, 08:52 WIB
Pria, 23 tahun.

Saya mau tanya.. Kebetulan saya sedang demam... Di hidung saya selalu keluar cairan encer dan bening.. Seperti ingus tetapi ini seperti air... Encer dan bening... Apa saya harus khawatir atau tidak.. Terima kasih dok...

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Cairan yang keluar dalam dunia kedokteran disebut sebagai rinorea. Penyebabnya bisa macam-macam. Umumnya dapat disebabkan karena adanya alergi, infeksi baik bakteri, virus, jamur ( common cold /batuk pilek, influenza, sinusitis). Apabila disertai demam seperti yang Anda alami, umumnya disebabkan oleh infeksi pada saluran pernapasan, yang memicu peradangan pada dinding mukosa dalam hidung, dalam proses peradangan ini akan terjadi pelebaran pembuluh darah, pembengkakan kerang hidung, dan sekresi (keluarnya) cairan hidung yang berlebih. 

Cairan hidung bening dan cair yang keluar terutama di saat pagi hari ataupun berada dekat dengan debu dan disertai dengan bersin-bersin, seringkali disebabkan karena alergi. Namun, jika berwarna dan konsistensi tebal cenderung disebabkan karena adanya infeksi (influenza, sinusitis). Selain itu, cairan yang keluar dari hidung juga dapat merupakan gejala dari deviasi septum (miringnya pembatas tulang di dalam hidung). 

Pada kasus berat dan jarang, rinorea juga bisa berasal dari cairan cerebrovaskular dari otak yang keluar melalui hidung. Cairan otak yang keluar dari hidung bisa terjadi jika ada riwayat trauma/cedera kepala yang menyebabkan patah tulang tengkorak. Namun, cairan otak bisa juga keluar karena ada penyebab lain seperti tumor, penipisan tulang dasar tengkorak (akibat osteitis/osteomielitis)

Cairan dari hidung perlu dicurigai berbahaya dan membutuhkan penanganan segera jika Anda mengalami trauma pada kepala sebelumnya, atau fraktur /patah tulang tengkorak. Sudahkah Anda berobat langsung ke dokter? Untuk mengetahui penyebab jelasnya, Anda dapat melakukan pemeriksaan rongga hidung dengan dokter spesialis THT.

Berikut kami lampirkan artikel untuk menambah informasi:

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar