Sukses

Mual Muntah Setelah Berhubungan Intim

23 Feb 2016, 18:44 WIB
Wanita, 21 tahun.

Sore Dok, sy ingin bertanya soal kandungan, sy baru selesai haid dan malamnya sy melakukan hub dgn suami, selang 4 jam sy terbangun dr tidur karena merasa mual dan akhirnya muntah, itu kenapa ya dok? apa tanda awal kehamilan dok? krna untuk lambung sy tidak ada masalah karena selama berhubungan tidak mersakan nyeri dan sakit.. mohon untuk jawabanya ? trimaksih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Penyebab mual biasanya berhubungan dengan saluran pencernaan. Mengenai keterkaitan adanya keluhan mual setelah berhubungan intim perlu dilakukan pemeriksaan fisik lebih lanjut mengenai penyebabnya. Mungkin juga, mual yang dirasakan tidak ada kaitannya dengan berhubungan seksual, misalnya Anda sudah memiliki riwayat sakit maag maupun gangguan pencernaan lainnya, ataupun misalnya sedang hamil. Banyak penyebab yang dapat menyebabkan mual. Apakah mual tersebut hanya terjadi setelah berhubungan intim atau juga dirasakan pada waktu lain? Apakah sebelum tidur Anda baru makan dalam porsi besar, atau mengonsumsi makanan/minuman yang memicu kenaikan asam lambung? Bagaimana dengan pola makan Anda selama ini apakah teratur? Apakah Anda terlambat haid?

Maag atau dyspepsia merupakan kondisi dimana kadar asam lambung melebihi normal. Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, mual, kembung, dan muntah. Apakah terdapat gejala-gejala tersebut pada Anda?

Sayang sekali dikarenakan keterbatasan informasi kami tidak dapat menganalisa dengan pasti penyebab mual Anda. Kami sarankan Anda memeriksakan diri langsung ke dokter untuk wawancara medis secara lengkap, pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan juga mendapatkan terapi yang optimal.

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar