Sukses

Mengatasi Gula Darah Tidak Stabil

24 Feb 2016, 11:42 WIB
Pria, 36 tahun.

dok! gula darah siap makan mencapai 260 dan turunnya juga mencapai dibawah 80..bagaimana cara mengatasi gula darah tidak stabil?terima kasih

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e konsultasi KlikDokter.com

Baik, kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah Anda sudah pernah terdiagnosis diabetes sebelumnya? Pada pasien diabetes akan diberikan penatalaksanaan farmakologis berupa obat- obatan dan non farmakologis berupa perubahan gaya hidup. Perubahan gaya hidup ini meliputi pola makan dan olahraga.

Terapi farmakologis dan non farmakologis memegang peranan yang sangat penting dalam menjaga kadar gula darah untuk tetap stabil. Apakah Anda minum obat yang diberikan dokter secara teratur? Bagaimana dengan kontrolnya, apakah Anda memeriksakan diri ke dokter secara rutin? Bagi pasien diabetes, konsumsi obat yang teratur dan kontrol yang baik mutlak diperlukan guna menghindari komplikasi diabetes yang dapat menyerang jantung, ginjal, mata, dan berbagai organ lainnya.

Terapi non farmakologis juga penting untuk dilakukan demi menunjang keberhasilan pengobatan diabetes dan kontrol gula darah yang baik. Untuk pola makan, kebutuhan kalori pada penderita diabtes tentunya berbeda dengan non diabetes. Intake makanan harus dijaga sebanyak 1,000 - 1,200 kcal/sehari. Makanan difokuskan dengan perbanyak sayur, buah, kurangi karbohidrat (nasi diganti dengan kentang atau nasi merah), lemak jahat dikurangi seperti daging olahan seperti sosis, chicken nugget, daging dengan lemak tinggi (berasal dari organ binatang), hindari juga snack yang dijual dalam plastik serta kue-kue. Ikan dapat dikonsumsi namun hindari ikan goreng, lebih baik direbus. Hindari makanan yang goreng-goreng. Jangan lupa juga untuk mengurangi garam dalam diet, hanya dianjurkan 1 sendok teh (5 gr) setiap harinya. Ada suatu tabel bernama "Glycemic Index" yang anda dapat lihat sebagai pedoman anda dalam mengkonsumsi makanan. Berikut adalah artikel kami mengenai Glyceminc Index "Peran Penting Glycemic Index (GI) dalam Diet". Untuk menghindari gula darah drop terlalu rendah penting juga menjaga jadwal makan tetap teratur. Jangan minum obat diabetes tanpa asupan makan yang cukup.

Penderita diabetes juga diharapkan dapat menjaga aktivitas fisik berupa olahraga minimal 3x sehinggu selama masing- masing 30 menit. Oahraga yang dilakukan tidak perlu olahraga berat, cukup jalan pagi bersepeda atau berenang atau bahkan berkebun di rumah.

Tatalaksana pasien diabetes umumnya dibuat sangat personal berdasarkan kondisi tiap- tiap pasien. Olehkarena itu, kami menyarankan sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam guna evaluasi secara menyeluruh dan penatalaksanaan yang paling tepat sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat menjawab pertanyaan Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar