Sukses

KB dan Susu Hamil
23 Feb 2016, 18:25 WIB
Wanita, 22 tahun.

mau tanya dok, saat kb boleh kah minum susu prenagen esensis ?

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Susu yang Anda sebutkan memang diperuntukkan untuk perencanaan kehamilan, maka nutrien yang ditambahkan didalam susu tersebut berguna untuk mendukung proses kehamilan sepert asam folat untuk kesempurnaan perkembangan saraf dan otak janin, zat besi untuk mencegah ibu jatuh ke dalam kondisi anemia, dan kalsium untuk memenuhi kebutuhan kalsium yang meningkat selama masa kehamilan nanti. Anda boleh saja mengkonsumsi susu ini, namun konsumsi susu ini lebih ditujukan sebagai persiapan nutrisi ibu yang merencanakan kehamilan. Apabila Anda tidak sedang merencanakan kehamilan, akan lebih tepat jika Anda memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh melalui asupan makanan sehari-hari dengan gizi seimbang.

Dalam menyusun kebutuhan makanan sehari-hari, Anda dapat memanfaatkan Kalkulator Kalori yang ada pada situs kami untuk menghitung kebutuhan kalori Anda berdasarkan berat dan tinggi badan serta aktivitas Anda: https://www.klikdokter.com/healthtools/kalori

 

Jumlah kalori tersebut dapat dibagi menjadi lebih kurang seperti berikut: 30% untuk makan pagi, 40-50% makan siang, dan 20-30% makan malam. Untuk mengetahui jumlah kalori dari makanan yang Anda konsumsi , Anda dapat melihat buku referensi. Terdapat buku menu yang menunjukkan jumlah makanan yang dikonsumsi setara dengan berapa kalori dari setiap makanan. 

Pada prinsipnya: 
1 gram karbohidrat (nasi, roti, ubi) ~ 4 Kalori
1 gram protein (telur, ikan, daging, kacang) ~ 4 Kalori
1 gram lemak (minyak atau lemak daging) ~ 9 Kalori

Kami menyarankan untuk makan makanan yang seimbang. Makanan yang seimbang terdiri dari makanan sumber karbohidrat, protein, lemak, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Disarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat 50-60% per hari, protein 15% sehari, dan lemak 30% sehari. Hindari konsumsi lemak jenuh seperti junk food dan dairy products karena tidak baik untuk kesehatan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar