Sukses

Mual Setelah Konsumsi Alkohol

23 Feb 2016, 18:05 WIB
Wanita, 21 tahun.

Aku mau tanya, aku abis minum alcohol kebanyakan dan sebelumnya aku belum makan. akibatnya aku merasa mual dan sudah 3 hari mual. paling parah hari 1. hari ke 2 dan hari 3 biasa saja. saya bingung itu bisa akibat maag or apa? and dokter bagian mana yang harus saya kunjungi. Terimakasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Alkohol dimetabolisme oleh organ hati, dalam bentuk acetaldehyde, dimana bentuk ini dapat memicu gejala mabuk seperti berkeringat, muka memerah, mual, muntah, dan peningkatan denyut nadi. Gejala lain yang menyertai adalah dehidrasi, sakit kepala, nyeri sendi dan otot, lelah dan lemah. 

Alkohol bersifat mengiritasi dinding lambung, meningkatkan produksi asam lambung, dan memperlambat pengosongan lambung, sehingga hal ini memicu rasa mual dan muntah. Apabila lambung dalam keadaan kosong atau tidak mencerna makanan, serta pada orang dengan penyakit lambung, maka efek iritasi ini akan semakin berat. Apakah sebelumnya Anda juga memiliki gangguan lambung/maag?

Untuk mengatasi efek mabuk karena minuman keras cobalah beberapa hal berikut:

  • Banyak minum. Minumlah air atau jus buah untuk mencegah dehidrasi. Jangan minum alkohol lebih banyak lagi karena dapat membuat keadaan Anda lebih buruk. 
  • Makan makanan ringan. Campurlah makanan, seperti roti bakar dan biskuit, yang dapat meningkatkan kadar gula darah Anda dan membuat perut Anda terasa nyaman. Sup yang hangat dapat mengganti garam dan kalium yang hilang. 
  • Konsumsilah pereda nyeri. Dosis standar obat yang dapat dibeli bebas dapat meredakan sakit kepala Anda. Tapi, hindari obat yang mengandung aspirin karena dapat semakin mengiritasi lambung Anda. Namun hindari penggunaan obat pereda nyeri seperti asetaminofen secara rutin karena dapat menyebabkan kerusakan hati, bahkan pada dosis yang diperkirakan aman. 
  • Kembalilah tidur. Jika Anda tidur cukup lama, maka mabuk setelah konsumsi minuman keras biasanya hilang setelah tidur. 

Adapun konsumsi minuman beralkohol tidak baik untuk kesehatan, karena dapat menimbulkan berbagai dampak, seperti :

1. Anemia

Terlalu banyak minuman beralkohol dapat menurunkan kadar hemoglobin dalam darah (sel darah merah yang mengangkut oksigen).

2. Kanker

Konsumsi minuman beralkohol dalam jumlah banyak secara rutin dapat meningkatkan risiko kanker mulut, tenggorokan, pita suara, hati, payudara, dan usus besar. Risiko semakin meningkat jika peminum juga perokok berat.

3. Penyakit jantung

Terlalu banyak minuman beralkohol dapat membuat trombosit menjadi lebih mudah menggumpal, sehingga menimbulkan gumpalan darah yang dapat menyumbat pembuluh darah, sehingga berisiko meningkatkan serangan jantung.

4. Sirosis

Minuman beralkohol dapat menyebabkan sirosis atau pengerasan hati,  yang pada akhirnya dapat juga berujung kepada kanker hati.

5. Demensia

Peminum berat berisiko terkena penyusutan otak yang lebih cepat dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi alkohol berlebihan, sehingga mengakibatkan penurunan daya ingat / demensia.

6. Gout

Alkohol dapat meningkatkan risiko kambuhnya gout atau asam urat.

7. Darah tinggi

Terlalu banyak konsumsi alkohol dapat meningkatkan tekanan darah.

Untuk langkah saat ini, selain mencoba tips di atas Anda juga dapat memeriksakan diri ke dokter umum terdekat atau dokter spesialis penyakit dalam untuk mengevaluasi adakah gangguan pencernaan lebih lanjut pada Anda.

Berikut kami sertakan artikel untuk melengkapi informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar