Sukses

Mencerahkan Wajah dan Mengatasi Jerawat

23 Feb 2016, 17:44 WIB
Pria, 23 tahun.

Cara memutihkan wajah yang terlihat gelap dan mengatasi jerawat?..tips memilih sabun pencuci muka yang sesuai gimana ya dok?..

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelum menjawab pertanyaan Anda,perlu kami jelaskan terlebih dahulu bahwa sebenarnya tidak ada produk dalam memutihkan wajah, yang ada hanya produk yang memberikan efek mencerahkan saja. Karena di dalam tubuh kita mempunyai pigmen melanin sebagai pigmen berwarna yang terus berproduksi dalam tubuh untuk membentuk warna kulit tubuh kita. Produk yang ada hanya dapat menekan pigmen melanin saja dimana timbul efek mencerahkan dan bersifat permanen, produk tersebut tidak dapat mematikan pigmen melanin yang ada.

Kulit kusam dan menggelap kemungkinan disebabkan karena perawatan wajah yang kurang tepat, di luar faktor eksternal yang memang dapat mempengaruhi (polusi, stress, kosmetik, dll). Berikut tips yang dapat Anda lakukan :

  • Dalam perawatan wajah yang terpenting adalah proses pembersihan. Sebaiknya lakukan pembersihan wajah dengan sabun yang sesuai dengan kulit Anda 3x/hari menggunakan sabun dengan pH netral.

Cara memilih sabun muka atau pembersih wajah yang tepat adalah dengan mengetahui jenis kulitnya barulah ditentukan pemilihan produknya. Misalnya: apakah jenis kulitnya berminyak, kering atau normal, kemudian sesuaikan dengan keterangan yang tertera pada masing-masing produk. Sayang sekali kami tidak dapat merekomendasikan merk sabun tertentu untuk menghindari adanya bias promosi dari suatu produk. Pilihlah sabun dengan pH netral.

  • Kemudian oleskan pelembab dan krim tabir surya pada pagi hari minimal SPF 30 setiap kali bepergian ke luar rumah.
  • Oleskan krim malam yang memiliki kandungan yang baik dalam meregenerasi kulit. 
  • Anda dapat melakukan peeling yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dengan dokter kulit dan kelamin. 
  • Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, perbanyak minum air putih, makan buah-buah dan sayur-sayuran atau mengonsumsi vitamin antioksidan.

Selanjutnya mengenai jerawat, perlu Anda pahami berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini: 

  1. Stres
  2. Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
  3. Kelenjar minyak yang terlalu aktif
  4. Keturunan dari orangtua
  5. Bakteri di pori-pori kulit

Sehingga pengobatan jerawat juga perlu memperhatikan faktor-faktor di atas. Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik. Kondisi kulit berminyak merupakan jenis kulit yang sangat berisiko untuk mengalami jerawat. Selain pengobatannya memang membutuhkan kesabaran, juga memerlukan pengendalian dari pola makan, kebiasaan membersihkan wajah, pengendalian stres dan sebagainya.

Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum. Memang pengobatannya membutuhkan jangka waktu lama dan kesabaran. Kami sarankan agar tidak berganti-ganti dokter karena penanganan kulit berjerawat memang membutuhkan waktu yang lama sehingga perlu pemantauan dan kesabaran. Jika berganti-ganti dokter, maka setiap dokter baru biasanya akan memulai pengobatan dari awal lagi.

Bila muncul bekas jerawat, seringkali justru akibat kebiasaan diri kita sendiri, misalnya sering memencet jerawat. Bila Anda memaksa memecahkan jerawat dengan memencetnya, justru malah memicu peradangan. Faktor lain yang dapat membuat jerawat berbekas adalah penggunaan kosmetik atau obat jerawat yang mengandung alkohol atau minyak.

Untuk penanganan menghilangkan bekas jerawat, terdapat beberapa cara. Dan setiap teknik dan cara yang ada tergantung pada beberapa faktor, antara lain:

  • Luas area bekas jerawat yang hendak dihilangkan. 
  • Dalamnya luka bekas jerawat.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan atau mencegah bekas jerawat yang bisa Anda praktikkan:

  1. Exfoliate
    Exfoliate atau menggosok wajah dengan scrub (peeling) seringkali membantu menghilangkan bekas jerawat, mengangkat kulit mati dan mengurangi dalamnya lubang bekas jerawat. Tapi hati-hati jangan menggosok terlalu keras karena dapat membuat hilangnya minyak di wajah yang dapat memicu kulit kering.

  2. Konsumsi Makanan Berserat
    Serat bermanfaat untuk mengusir racun dari tubuh yang menyumbat pori-pori kulit. Bila tersumbat, pori-pori kulit akan membengkak, pecah, dan meninggalkan bekas jerawat.

  3. Olahraga
    Olahraga membantu meningkatkan asupan oksigen dan nutrisi yang disebar ke seluruh jaringan tubuh, termasuk kulit. Berkeringat hasil dari berolahraga juga berfungsi sebagai detoksifikasi kulit yang membantu mencegah pembentukan jerawat.

  4. Menghindari Sinar Matahari
    Sering terpapar matahari bisa menyebabkan noda hitam di wajah. Bila beraktivitas luar ruangan gunakan tabir surya atau pelindung kepala seperti topi untuk mengurangi tingkat paparan dari matahari.

  5. Jangan Menyentuh Jerawat
    Jari Anda mengandung bakteri di sela kuku dan meningkatkan risiko jerawat muncul. Memencet jerawat pun juga dilarang karena dapat menyebabkan peradangan yang menimbulkan risiko bekas jerawat. 

Bekas jerawat juga dapat dihilangkan dengan beberapa cara, misalnya dengan terapi laser, dermabrasi, dll.  Namun, penanganan bekas jerawat ini sangat tergantung dari luas serta kedalaman bekas jerawat. Pada keadaan ringan, bekas jerawat dapat memudar hanya dengan pemberian hidrokuinon 2% (termasuk dalam dosis aman) hanya tepat pada daerah bekas jerawat. Selain itu, bekas jerawat juga dapat disamarkan dengan cara pemberian krim malam yang umumnya mengandung asam retinoat yang diresepkan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin. Kemudian cara lain yang dapat memudarkan atau bahkan menghilangkan bekas jerawat yaitu Prosedur Chemical peeling. Kedua prosedur tersebut (krim malam yang mengandung asam retinoat dan chemical peeling) bekerja dengan cara mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit baru akan lebih cepat timbul. 

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk analisa faktor-faktor yang menyebabkan jerawat pada wajah Anda.

Berikut kami sertakan artikel untuk melengkapi informasi Anda:

Demikian penjelasan kami. Semoga keluhan Anda lekas teratasi. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar