Sukses

Endometriosis Dan Cara Mengetahui Masa Subur
22 Feb 2016, 13:56 WIB
Wanita, 28 tahun.

Bagaimana cara menghitung masa subur ? Dok, bagaimana cara menghitung masa subur untuk siklus 29 hari? Dan bagaimana cara mengetahui masa ovulasinya dok? Satu lagi yg ingin saya tanyakan berapa kali kah Hubungan badan sebaiknya dilakukan disaat masa subur dan masa Ovulasi agar terjadinyaa pembuahan? Soalnya rahim saya yg kanan yg dapat berfungsi dengan baik dok..rahim sebelah kiri saya di diagnosa endrometrosis (kista coklat). Mohon penjelasanan dr pertanyaan Saya dok..terimaksih dok.

dr. Mega Putri

Dijawab Oleh:

dr. Mega Putri

 

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Perhitungan masa subur adalah 14 hari +/- 2 hari sebelum Hari Pertama Haid Berikutnya. Anda dapat menyertakan siklus menstruasi Anda (6 siklus terakhir atau paling tidak 3 siklus terakhir) agar dapat dilakukan perhitungan rata-rata masa subur.

Namun, perhitungan masa subur hanya dapat efektif atau akurat apabila siklus menstruasi seorang wanita tergolong normal (21-35 hari, @3-7 hari, @20-60 ml). Apabila siklus menstruasi tidak berlangsung teratur, maka perhitungan masa subur ini tidak akan akurat.

Siklus menstruasi normal umumnya berkisar antara 21-35 hari. Antara hari ke-12 hingga hari ke-14 terjadi pelepasan sel telur dari indung telur (ovulasi) akibat peningkatan tajam kadar hormon lutein (luteinizing hormone/LH) dalam darah, disebut LH surge (baca Fisiologi Menstruasi). Dengan demikian, masa ovulasi sebenarnya dapat diprediksi dengan mendeteksi kadar LH, yaitu ada/tidaknya LH surge saat pemeriksaan dilakukan. 

Saat ini, alat untuk mendeteksi ovulasi telah beredar luas dan dapat Anda peroleh di apotek-apotek terdekat. Bentuknya  adalah sama dengan alat yang digunakan untuk mendeteksi kehamilan, yaitu menggunakan strip. Perbedaannya terletak pada waktu pengambilan sampel urin. Tidak seperti pemeriksaan kehamilan, urin yang diambil pagi hari bukanlah urin yang terbaik untuk pemeriksaan LHsurge, mengingat LH baru mulai disintesis pagi hari dan baru akan timbul di urin saat siang atau sore hari.

Selain itu, perbedaan juga terdapat pada cara pembacaan hasil pemeriksaan. Pada pemeriksaan kehamilan, setiap garis yang timbul meski terlihat samar dapat dibaca sebagai hasil positif (hamil). Sedangkan pada pemeriksaan masa ovulasi, hasil positif (ovulasi) baru didapatkan apabila timbul garis yang paling tidak sama atau lebih hitam dibandingkan garis kontrol.

Selain menggunakan alat tersebut, masa ovulasi juga dapat diketahui dengan mengukur suhu basal tubuh. Suhu basal seorang perempuan yang sedang mengalami ovulasi pada awalnya akan menurun, kemudian meningkat dan menetap pada suhu 37 derajat Celcius hingga siklus menstruasi berikutnya. Cara lain adalah dengan melihat getah serviks (leher rahim). Saat ovulasi, produksi lendir cenderung meningkat dan lebih kental untuk memudahkan jalannya sperma menuju sel telur.

Endometriosis adalah pertumbuhan lapisan endometrium di luar rahim. Lapisan endometrium merupakan lapisan yang teradapat dalam rahim, yang dalam keadaaan normal hanya ditemukan di dalam rahim. Adanya lapisan endometrium yang tumbuh di luar rahim dapat menimbulkan keluhan berupa nyeri panggul, nyeri saat menstruasi (dysmenorea), nyeri saat berhubungan seksual, dan infertilitas (gangguan kesuburan).

Penyebab pasti endometriosis masih belum diketahui. Beberapa teori mengemukakan kaitan antara endometriosis dengan masalah imunologik (kekebalan tubuh) serta faktor genetik (keturunan)dan gangguan sistim hormonal.

Endometriosis juga berpengaruh pada fertilitas (kesuburan) karena terjadinya gangguan pada lingkungan rahim sehingga perlekatan sel telur yang sudah dibuahi pada dinding rahim menjadi terganggu. Pada endometriosis yang sudah parah, dapat terjadi perlekatan pada rongga panggul, saluran tuba, atau indung telur yang dapat mengganggu transportasi embrio.

Nyeri endometriosis terjadi saat fase haid dimana terjadi peregangan akibat jaringan endometriosis yang terbentuk di luar rahim sehingga salah satu solusi yang dipikirkan adalah dengan menyegah terjadinya fase haid itu sendiri. Keadaan ini dapat dicapai antara lain dengan menggunakan obat-obat hormon dan kehamilan.

Pil KB atau kontrasepsi oral merupakan bagian dari terapi medikamentosa untuk menangani endometriosis dan mengurangi resiko kekambuhan dari endometriosis. Hormon yang terdapat di dalam kontrasepsi oral membantu mengatur siklus menstruasi dan membantu mengurangi nyeri dan menghambat pertumbuhan implantasi jaringan endometrium.

Terapi endometriosis tergantung pada keparahan penyakit dan kebutuhan pasien. Terapi dengan obat maupun operasi dapat dilakukan. Terapi dengan obat dapat dilakukan dengan hormon seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Pilihan terapi mempertimbangkan penghentian masalah kesuburan, mengurangi nyeri hebat dan mempertahankan kesuburan, atau manajemen penanganan terapi nyeri sendiri. Apabila endometriosis tersebut memang mengganggu implantasi atau perlekatan janin di dalam rahim maka sebaiknya diobati. Operasi dapat terbagi 2, yaitu operasi konservatif yang mempertahankan rahim dan operasi histerektomi yang sekalian mengangkat rahim. Untuk usia subur lebih dipilih operasi konservatif.

Untuk itu, saat ini sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk terlebih dahulu mengetahui tingkat keparahan endometriosis Anda sehingga dapat ditentukan penanganan yang tepat untuk mengatasi masalah kesehatan Anda dan mencegah terjadinya ketidaksuburan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (MP)

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar