Sukses

Alergi Susu Sapi
21 Feb 2016, 13:50 WIB
Wanita, 5 tahun.

Anak saya usia 5 bulan riwayat lahir prematur dengan bb 1,6 kg panjang 41cm karna asi saya tidak bisa mencukupi jd saya bantu dengan sufor awalnya saya menggunakan sus sapi tapi pada bulan januari anak saya muntah darah dan pup darah smpe akhirnya dokter mendiagnosa anak saya alergi susu sapi dan sufornya diganti menggunakan nan ha dan pada awal bulan ini anak saya demam tinggi disertai diare dan pada fesesnya terdapat lendir dan darah. Akhirnya dokter menganjurkan untuk menggunakan susu soya tetapi berat badannya naiknya agak lambat usia 5bulan 20 hari hanya 4kg Mohon solusinya

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Pertama tama kami harus mengetahui berapa usia kehamilan anda saat melahirkan bayi pada saat itu? Melihat berat badan anak anda begitu lahir 1,6 kg nampaknya lahir prematur. Jika lahir prematur usia bayi anda harus dihitung usia koreksi nya. Baru kita plotkan dengan berat badan sesuai usia.

Saran saya anda tetap harus kontrol ke dokter anak untuk mengatasi masalah nutrisi dan alergi susu sapi pada anak anda. Dengan kontrol rutin diharapkan anak anda dapat sembuh.

Soya bukanlah solusi untuk mengatasi masalah alergi susu sapi juga, karena faktanya 40% anak yang alergi terhadap susu sapi ternyata juga memiliki alergi terhadap susu soya. Namun jika anak anda dengan soya tidak muncul alergi berarti anak anda cocok dengan susu soya walaupun mesti dipantau pada hari berikutnya.

Pengobatan dasar yang efektif untuk alergi susu sapi adalah dengan menghindari susu sapi atau produk turunannya sebagai penyebab munculnya reaksi alergi. Namun untuk beberapa kondisi medis tertentu, dimana pengguanaan formula dianjurkan oleh tenaga kesehatan mengingat anak membutuhkan nutrisi dalam susu sapi untuk tumbuh kembangnya, penggunaan formula partially hydrolyzed and extensive hydrolyzed lebih disarankan, dibandingkan dengan penggunaan susu kedelai (soy) dalam penanganan alergi susu sapi.

Formula partially hydrolyzed  (formula terhidrolisasi sebagian) umumnya digunakan untuk mencegah timbulnya gejala alergi pada anak yang memiliki resiko alergi karena faktor keturunan, sedangkan formula extensive hydrolyzed (formula terhidrolisasi seluruhnya) umumnya diberikan kepada anak yang telah menunjukkan gejala alergi (manifestasi alergi).

Selain itu harus diingat bahwa kecurigaan alergi terhadap protein susu sapi tidak dapat menjadi alasan untuk menghentikan pemberian ASI kepada bayi. ASI adalah sumber nutrisi yang terbaik bagi bayi dan anak.  Setelah beberapa waktu, Anda dapat memperkenalkan kembali susu sapi ke dalam menu anak secara bertahap.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar