Sukses

Menangani Sinusitis

19 Feb 2016, 20:40 WIB
Pria, 42 tahun.

hidung terasa sangat nyeri bola mata trasa mau keluar,cairan ingus sulit keluar,jika sudah parah badan ikut meriang,bisa reda dgm kosumsi obat flu, tp setiap bangun pagi hidung sllu trasa nyeri

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi KlikDokter.com, 

Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda. Dari gejala-gejala yang Anda sebutkan, Anda kemungkinan besar menderita sinusitis. Apakah Anda baru saja mengalami sakit flu? Sebelumnya saya akan menjelaskan tentang sinusitis.

Sinus adalah rongga berisi udara yang ada didalam tulang wajah dan tulang tengkorak. Fungsinya adalah untuk mengurangi berat tulang wajah dan tengkorak. Salah satu rongga sinus berhubungan langsung dengan hidung. Adapun sinusitis adalah peradangan pada sinus, yang umumnya akibat infeksi kuman seperti bakteri. Untuk itulah saya menanyakan apakah sebelumnya terdapat riwayat flu lama, sebab saat seseorang flu dan mengalami banyak ingus, ingus yang ada pada sinus akan lebih sulit dikeluarkan hingga akhirnya menumpuk dan menjadi sarang pertumbuhan kuman. Gejala yang timbul khas pada sinusitis misalnya ingus yang sulit dikeluarkan karena terlalu kental dan cenderung berbau, nyeri di bagian tulang wajah (misalnya pada bagian permukaan pipi), dan bisa disertai gejala pusing, nyeri kepala, nyeri otot, dll.

Untuk menangani sinusitis maka yang diperlukan adalah meminum antibiotik untuk membunuh kuman. Dapatkanlah antibiotik yang sesuai untuk sinusitis dan sesuai dosis Anda dengan memperoleh resep obat secara langsung dari dokter. Bila memang ada masalah sulit mengeluarkan ingus karena terlalu kental, Anda bisa meminta pertolongan berupa tindakan oleh dokter untuk mengencerkan dan mempermudah pengeluaran ingus hidung (karena bila terus dibiarkan maka tetap saja pertumbuhan kuman terus berlangsung). Peningkatan daya tahan tubuh Anda juga merupakan tatalaksana yang penting, misalnya dengan beristirahat cukup, mengonsumsi makanan bergizi, banyak minum air, dan menghindari stres, karena hal-hal ini sedikit banyak meningkatkan pertahanan tubuh Anda terhadap penyakit. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat dan membantu Anda.

Semoga hari Anda menyenangkan!

0 Komentar

Belum ada komentar