Sukses

Kebiasaan Tidur

21 Feb 2016, 20:51 WIB
Wanita, 18 tahun.

Saya mempunyai kebiasaan jika ingin tidur selalu memegang pakaian atau kain yang terbuat dari bahan katun. Kebiasaan ini sejak saya lahir hingga sekarang. Apakah ini normal?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter KlikDokter

Pada dasarnya hal itu merupakan suatu kebiasaan yang bisa dihilangkan dengan memulai tidur tanpa hal-hal yang anda maksud. namun pada dasarnya kain katun ialah kain yang sangat mendominasi kehidupan kita. Mulai dari baju, hingga seprei yang digunakan.

Anda bisa memulai untuk melakukan ini untuk mendapat tidur yang berkualitas

  1. Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein saat sore hingga malam hari
  2. Biasakan diri untuk berolahraga teratur, tidak merokok, hindari konsumsi alkohol, narkotik, dsb
  3. Cobalah mengatur pola tidur Anda. Bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap harinya, bahkan ketika hari libur. Dan jangan terlalu lama tidur di siang hari.
  4. Buatlah suasana yang efektif dan efisien untuk tidur. Tempat tidur hanya untuk tidur. Hindari melakukan aktivitas selain tidur di tempat tidur. Buatlah diri Anda senyaman mungkin untuk tidur, seperti dengan penggunaan lampu tidur, penutup mata, menghindari suara bising, dsb.
  5. Hindari penggunaan obat tidur, terutama tanpa anjuran dokter. Obat tidur hanya efektif untuk sementara dan penggunaan yang berlebihan justru akan membuat penurunan efektivitas obat tersebut. Terapi terbaik adalah dengan mengatasi penyebabnya, bukan gejala. Selama penyebab yang mendasari masih ada, Anda akan terus mengalami gangguan tidur.
  6. Relaksasi. Buat diri Anda serileks mungkin, seperti dengan meditasi atau yoga.
  7. Berpikir positif. Jika Anda memiliki masalah psikologis, cobalah untuk menerima dan menghadapinya. Setiap manusia tidak luput dari cobaan sebagai proses menuju kedewasaan. Cobalah bertukar pikiran dengan keluarga atau sahabat Anda mengenai masalah yang sedang Anda hadapi. Berpikir positif terhadap hidup yang Anda jalani saat ini, karena pola pikir seseorang sangat memengaruhi caranya dalam bersikap dan bertindak

Semoga penjelasan yang kami berikan bermanfaat.

Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar