Sukses

Gastritis Erosif dan Tekanan Darah

21 Feb 2016, 00:09 WIB
Pria, 33 tahun.

Dok saya jlni endoscopy diagnosis gastritis erosif sy minta bantuan dr penjelasannya cara penyembuhanya bahayanya,pantangannya.trus dok tensi saya itu kalo lgi tegang atau sedang gelisah pas ditensi naik kadang 145/95 sebelah kanan.sebelah kiri 135/90 tapi tdk bro lama sekitar 15 mnt tensi lgi jdi turun 120/75 apah saya terkena hipertensi y dok.mksih atas jawaban dr.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Gastritis adalah peradangan pada dinding mukosa lambung. Dinding mukosa lambung berfungsi menghasilkan asam lambung dan enzim pencernaan yang secara normal bekerja mencerna makanan yang masuk lambung. Gastritis memiliki beberapa penyebab diantaranya adalah infeksi bakteri H.pylori dan iritasi karena sebab lain. Namun, bakteri H. Pylori menimbulkan gambaran gastritis kronik yang nonerosif.

Gastritis erosif merupakan gambaran yang diperoleh melalui endoskopi lambung berupa erosi pada dinding mukosa lambung dengan terlihat adanya perdarahan.

Pengobatannya yakni dengan mengatasi pemicunya, antara lain stress, penggunaan obat golongan NSAID dalam jangka waktu lama, alkohol, cedera pada jaringan (misalnya akibat riwayat penggunaan selang nasogastrik), infeksi virus, hingga radiasi.

Jika terdapat perdarahan aktif diperlukan penghentian perdarahan dengan cairan infus atau transfusi darah (pada kasus berat. Selain itu pengobatan juga bertujuan untuk menurunkan asam lambung dengan obat golongan proton pump inhibitor atau H2 blocker.

Beberapa komplikasi dari gastritis yang tidak tertangani dengan baik antara lain ulserasi dinding lambung, polip, hingga tumor dan keganasan (kanker).

Pengobatan apa sajakah yang Anda peroleh saat ini? Kami menyarankan Anda kembali menemui dokter yang mendiagnosis Anda sebelumnya mengenai terapi yang diberikan karena dokter Anda yang paling mengetahui riwayat kesehatan Anda, agar Anda memperoleh penanganan yang paling sesuai. Jangan sungkan untuk menanyakan informasi lengkap karena penanganan setiap pasien dapat berbeda-beda.

Berikut kami sertakan artikel untuk melengkapi informasi Anda: Makanan Pantangan Bagi Asam Lambung

Selanjutnya mengenai perubahan tekanan darah, tekanan darah kita memang dapat bervariasi antara 10-15 mmHg bergantung pada aktivitas fisik, stres emosional, makanan, kondisi kesehatan (termasuk adanya rasa nyeri), dan normalnya berada di bawah 120/80 mmHg.

Seseorang dikatakan menderita tekanan darah tinggi (hipertensi) jika dalam 3 kali pengukuran tekanan darah berturut-turut di waktu yang berbeda menunjukkan hasil tekanan sistole (angka yang pertama) ≥ 140 mmHg atau tekanan diastole (angka yang kedua) ≥ 90 mmHg. Jika tidak ada keluhan yang menyertai, maka tidak ada sesuatu yang perlu Anda khawatirkan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar