Sukses

Menyusu Hanya pada Sebelah Payudara

18 Feb 2016, 11:13 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat siang dok, saya seorang ibu baru yang sedang menyusui, tetapi anak saya tidak mau menyusu pada payudara saya yang sebelah kanan. Belakangan ini saya merasakakn keanehan pada payudara kanan saya mulai mengempis, dan terasa nyeri pada bagian ketiak dekat payudara saya, apakah ini slah satu gejala kangker ya dok, mohon jawabanya..

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Silakan klik next untuk melanjutkan ke penjawaban dr. Karin Wiradarma.

Menyusu Hanya pada Sebelah Payudara

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Memang terkadang anak dapat lebih menyukai menyusu dari satu payudara tertentu. Hal ini bisa terjadi karena posisi menyusui yang kurang nyaman untuk bayi, ASI pada salah satu payudara terlalu deras, atau malah sulit keluar, dan kondisi tertentu pada puting, seperti misalnya masuk ke dalam.

Payudara yang sering dihisap lama-kelamaan dapat menjadi berukuran lebih besar, sementara payudara lainnya yang jarang dihisap menjadi lebih kempes. Benjolan pada ketiak Anda kemungkinan merupakan sumbatan air susu yang tidak atau kurang dikeluarkan. Setiap benjolan belum tentu merupakan gejala kanker payudara, harus diperiksa terlebih dahulu.

Anda dapat mengompres hangat daerah payudara  dan ketiak yang terdapat benjolan, memijatnya, lalu mengusahakan untuk mencari posisi yang enak bagi bayi untuk menyusu. Jikalau bayi masih tetap tidak mau menyusu, Anda tetap harus mengeluarkan air susu dari payudara tersebut dengan memompanya, agar tidak terjadi sumbatan, dan bentuk dan ukuran payudara tetap diusahakan simetris.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar