Sukses

Hamil Dengan IUD

18 Feb 2016, 14:23 WIB
Wanita, 24 tahun.

dok saya seorang ibu dengan 1 anak.. dan saat ini saya sedang mngandung lagi anak ke dua.. usia anak pertama saya 10bln dan saya hamil 14w bisa di bilang kebobolan karena saya menggunakan kb pasang.. yang ingin saya tanyakan amankah kehamilan saya sedangkan kb saya belum di cabut karena saran dokter kandngan saya.. yg posisi kb nya masih dkatakan aman Alhamdulillah nya khamilan saya normal.. tetapi saya masih waswas dengan adanya kb di dalam.. kapan kb saya sebaiknya d lepas dok.. terima kasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan e-konsultasi Klikdokter.com

Pertama kami ingin mengucapkan selamat atas kehamilan kedua Anda. Apakah yang Anda maksud dengan KB pasang adalah IUD (intrauterine device) atau spiral? Atau yang Anda maksud dengan KB pasang merupakan KB susuk? Kami akan mencoba menjelaskan satu per satu, ya.

IUD atau spiral merupakan metoda kontrasepsi yang digunakan dengan cara memasang di bagian atas rahim. Memang pemasangan IUD ini masih memiliki angka kegagalan walaupun rendah. Memang pada beberapa wanita masih bisa terjadi kehamilan ketika IUD atau spiral ini masih terpasang. Lalu bagaimana? Kebanyakan ahli tidak menganjurkan untuk mengeluarkan spiral atau KB ketika kehamilan sedang terjadi. Namun harus dipastikan terlebih dahulu, ketika kehamilan terjadi di saat yang bersamaan ketika IUD terpasang apakah kehamilan terjadi di dalam rahim atau tidak. Kehamilan yang terjadi di luar rahim dapat berakibat fatal apabila tidak dilakukan tatalaksana yang tepat. 

Sedangkan susuk merupakan jenis kontrasepsi yang digunakan dengan memasang strip berisi hormon. Biasanya pemasangan dilakukan di lengan tangan. Metoda kontrasepsi ini harus diperbaharui atau dilakukan pemasangan ulang sekitar 3-5 tahun. Apabila metoda kontrasepsi ini yang digunakan dan terjadi bersamaan dengan adanya kehamilan, maka boleh saja melakukan pelepasan. 

Apabila IUD yang digunakan maka sebaiknya Anda memeriksakan diri  ke dokter kandungan Anda untuk melihat letak dan posisi IUD dan kantung kehamilan Anda secara rutin. Jangan lupakan untuk mengkonsumsi asam folat 400 mg secara rutin setiap hari, ya. Hal ini harus dilakukan untuk mencegah kelainan pembentukan tabung neural janin. Selain itu konsumsi juga DHA, EPA, omega 3, dan omega 6 untuk perkembangan otak bayi secara maksimal.

Semoga informasi ini bermanfaat dan selalu sehat dalam kehamilan Anda

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar