Sukses

Herpes Zoster Lebih Cepat Terkena Stroke?

18 Feb 2016, 13:48 WIB
Wanita, 18 tahun.

maaf dok saya mau tanya. saya kan pernah terkena herves zoster ya dan kebetulan di wajah kiri saya dari bagian mata ke atas ya dok ... apa benar orang yang pernah terkena penyakit itu akan cepat terkena stroke atau terkena jantung koroner? dan minta penjelasan bagaimana cara menanggulanginya.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah berkonsultasi dengan Klikdokter.com

Herpes zoster merupakan reaktivasi dari Varicella zoster atau dikenal dengan cacar air. Virus varicella zoster ketika sudah menginfeksi tubuh manusia akan berdiam di saraf. Walaupun berdiam di saraf, penyakit ini tidak berhubungan dengan penyakit saraf lainnya seperti stroke. Penyakit ini juga tidak memiliki hubungan dengan penyakit jantung koroner.

Ketika nanti sistem imuntitas sedang menurun, maka virus ini dapat tereaktivasi kembali. Ketika tereaktivasi, penyakit ini dikenal dengan herpes zoster. Herpes zoster ketika menimbulkan gejala lenting-lenting berisi cairan seperti varicella, akan sering menimbulkan sensasi nyeri pada lenting tersebut. Hal inilah yang membedakan dengan varicella atau cacar air biasa. 

Untuk mempercepat penyembuhan diberikan antivirus yang diberikan sebanyak 5 kali dalam satu hari. Obat yang terbaik untuk menangani kondisi ini adalah istirahat, makan dengan nutrisi yang cukup, minum obat antivirus, dan obat simptomatik lainnya seperti obat untuk mengurangi nyeri. Apabila sudah pernah mencoba menghilangkan nyeri menggunakan obat bebas seperti parasetamol dan ibuprofen, kemungkinan Anda memerlukan obat lain yang lebih poten. Obat lain yang lebih poten yang biasa digunakan untuk mengurangi nyeri memerlukan peresepan dokter secara langsung. Sebaiknya Anda melakukan kontrol ke dokter untuk melakukan pemeriksan lebih lanjut agar didapatkan tatalaksana yang sesuai.

Demikian penjelasan ini kami buat. Semoga lekas sembuh,ya

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar