Sukses

Mie instan dan teh saat hamil
17 Feb 2016, 15:53 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dokter, saya sedang hamil anak pertama, sekarang masuk minggu ke 12. Dari kehamilan minggu ke 4, saya mengalami mual yang cukup keras, dokter sudah memberikan vitamin dan obat mual, sekarang sudah mulai berkurang. Tapi setiap pagi saya selalu minum teh manis hangat. Sehari satu kali, apakah itu berpengaruh buruk terhadap kehamilan saya? Dan apakah boleh saya makan mie instant sekali sekali? Selama hamil saya sudah makan 3x mie instant. Apakah berbahaya? Mohon penjelasannya. Terima kasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Ibu yang sedang mengalami kehamilan memang biasanya terdapat pantangan menurut orang - orang yang awam. Tetapi pada prinsipnya, makanan yang dikonsumsi ibu hamil harus terjaga kebersihannya, tidak menggunakan bahan - bahan pengawet, dan dimasak dengan matang.

Teh mengandung kafein. Kafein ini dapat bermanfaat sebagai stimulan, sehingga meningkatkan detak jantung Anda. Kafein juga dapat berkontribusi pada heartburn (keadaan merasa panas pada bagian perut) dengan merangsang sekresi asam lambung. Efek ini akan lebih terasa ketika memasuki kehamilan trimester pertama karena kemampuan tubuh Anda untuk memecah kafein melambat, sehingga Anda berakhir dengan tingkat yang lebih tinggi dalam aliran darah Anda. 

Selama trimester ketiga, dibutuhkan hampir tiga kali lebih lama.Hal ini dapat mempengaruhi jumlah kafein yang melintasi plasenta dan mencapai bayi Anda, yang tidak bisa memproses secara efisien. Minuman yang mengandung kafein memiliki senyawa yang disebut fenol yang membuat lebih sulit bagi tubuh Anda untuk menyerap zat besi. Padahal zat besi sangat penting untuk wanita hamil, karena banyak wanita hamil yang sudah rendah pada besi. Bila anda akan mengkonsumsi minuman berkafein seperti teh dan kopi sebaiknya antara waktu makan sehingga akan memiliki lebih sedikit efek pada penyerapan zat besi.

Bagi anda yang sedang hamil kami sarankan sebaiknya menghindari kebiasaan untuk mengkonsumsi kafein seperti kopi dan teh. Namun apabila hal ini sulit dilakukan, dapat anda kurangi dengan cukup mengkonsumsi satu cangkir perhari. Anda juga bisa melakukan pencampuran kopi dengan susu, dan mengurangi takaran kopi. Di rumah, cobalah menggunakan lebih sedikit kopi bubuk (atau daun teh) ketika menyeduh. Meskipun teh herbal sering tidak memiliki kafein, pastikan untuk membaca daftar bahan terlebih dahulu, tumbuh-tumbuhan tertentu dan zat aditif mungkin tidak aman selama kehamilan, sehingga diperlukan konsultasi dengan dokter.               

Untuk mie instan, umumnya mengandung bahan pengawet dan bahan MSG yang kadarnya cukup tinggi. Menurut beberapa penelitian yang ada konsumsi MSG yang banyak dan terus menerus akan mengganggu pertumbuhan otak dan saraf si kecil. Selain itu juga pada ibu hamil yang mengkonsumsi MSG dalam jumlah banyak dapat menyebabkan anak yang lahir menjadi hiperaktif. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi mie instan saat hamil dibatasi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar